Mobil Mewah di Aceh Dipasang Stiker BBM Bersubsidi: Dari Pajero Hingga Innova Reborn

Petugas menempelkan stiker BBM bersubsidi. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sekitar 6000-an kendaraan roda empat keluaran terbaru di Aceh yang ingin mendapatkan BBM jenis premium dan solar, rela diberi tanda stiker BBM bersubsidi. Rata-rata mobil yang ditempel stiker yaitu merek Toyota Kijang Innova Reborn, Honda Jazz hingga Pajero Sport.

Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Roby Hervindo menyebutkan, selama sepekan terakhir jumlah kendaraan pengguna BBM bersubsidi yang ditempel stiker di Aceh mencapai 74.049 unit.

Untuk yang khusus premium terpasang di 29.359 unit, sedangkan untuk pengguna BBM jenis solar sebanyak 44.690 unit. Namun, dari jumlah itu, ada sekitar 2 ribuan pemilik kendaraan mewah keluaran terbaru yang turut mencicipi premium dan 4 ribu unit lainnya yang menggunakan solar bersubsidi.

“Sekitar 2 ribuan pemilik kendaraan mewah tetap rela memasang stiker yang bertuliskan “Bukan Untuk Masyarakat Yang Pura-Pura Tidak Mampu” itu. Diantaranya mobil jenis Toyota Innova dan Honda Jazz. Sedangkan stiker solar, sekitar 4 ribuan terpasang di kendaraan modern masa kini seperti Mitsubishi Pajero dan Toyota Innova,” kata Roby Hervindo kepada wartawan, Jumat (28/8).

Roby bilang padahal pabrikan kendaraan tersebut, jelas mencantumkan dalam buku panduan agar kendaraan menggunakan BBM diesel dengan minimum Cetane Number (CN) 51.

Menariknya, kata dia sebagian kendaraan yang termasuk kategori mewah yang dulunya menggunakan BBM bersubsidi, menjadi urung dipasangi stiker. Mereka kemudian beralih pakai Pertalite, Pertamax, Dex atau Dexlite.

Ia menilai program ini berdampak pada konsumsi BBM. Dalam sepekan masa sosialisasi dan pemasangan stiker, tercatat penyaluran Premium dan Solar subsidi mengalami penurunan. Konsumsi rata-rata harian Premium pada tanggal 19 hingga 25 Agustus mencapai 454 ribu liter, turun dibanding rata-rata harian normal bulan Juli sejumlah 456 ribu liter.

Sebaliknya, konsumsi BBM berkualitas menunjukkan peningkatan. Konsumsi rata-rata harian Pertalite mencapai 1.083.000 liter per hari. Meningkat dibanding rata-rata harian normal bulan Juli sejumlah 1.039.000 liter. Pertamax juga naik, sebanyak 264 ribu liter per hari dibanding harian normal bulan Juli yang mencapai 234 ribu liter.

Kenaikan konsumsi juga terjadi pada Dexlite. Pada sepekan pelaksanaan sosialisasi, konsumsinya mencapai 30 ribu liter per hari. Naik dibanding rata-rata harian normal bulan Juli sejumlah 15 ribu liter. Untuk Dex, konsumsi sebanyak 4 ribu liter per hari, sedangkan harian normal bulan Juli sebanyak 3 ribu liter. [Randi/ril]

 

View this post on Instagram

 

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sepekan masa sosialisasi program stiker BBM subsidi, telah terlampaui. Program yang digelar Pemerintah Aceh bersama Pertamina dan Hiswana ini, bertujuan agar penyaluran BBM subsidi lebih tepat sasaran. Melalui pemasangan stiker ke kendaraan pengguna Premium dan Solar subsidi, sebagai identitas. Selama tanggal 19 hingga 25 Agustus, total stiker yang sudah ditempel di kendaraan sebanyak 74.049 buah. “Untuk stiker Premium, terpasang 29.359 buah sedang stiker Solar terpasang 44.690 buah. Menariknya, sebagian kendaraan yang termasuk kategori mewah, menjadi urung dipasangi stiker. Mereka kemudian beralih pakai Pertalite, Pertamax, Dex atau Dexlite,” ujar Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Roby Hervindo dalam keterangannya, Jumat (28/08). Baca: Diduga Usai Isi Premium, Pria Ini Terciduk Copot Stiker Pengguna BBM Bersubsidi Kendati demikian, dari 29.539 stiker Premium yang ditempel, sekitar 2 ribuan pemilik kendaraan mewah tetap rela memasang stiker yang bertuliskan “Bukan Untuk Masyarakat Yang Pura-Pura Tidak Mampu” itu. Diantaranya mobil jenis Toyota Innova dan Honda Jazz keluaran baru. Selengkapnya klik disini www.kanalaceh.com atau swipe story #bandaaceh #acehbesar #acehjaya #acehbarat #naganraya #abdya #acehselatan #subulussalam #acehsingkil #pidie #pidiejaya #bireuen #acehutara #lhokseumawe #acehtimur #langsa #acehtamiang #gayolues #acehtengah #benermeriah #sabang #bbm #nonsubsidi #stikerbbm #pertamina #pertalite #pertamax #mobil #kendaraan #program

A post shared by Kanal Aceh (@kanalacehcom) on

Related posts