Nova Janjikan Pembangunan Jembatan Kilangan Rampung 2022

Plt Gubernur Aceh meninjau pembangunan jembatan Kilangan. (Kanal Aceh/Khadafi)
--Ads--
loading...

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menegaskan Jembatan Kilangan akan selesai pada tahun 2022.

Hal itu dikatakan Nova saat meninjau pelaksanaan proyek multiyears contract (MYC) Jembatan Kilangan, Aceh Singkil, Sanin 14 September 2020.

“Mohon bersabar Pak Bupati dan rakyat Aceh Singkil tuntas 100 persennya atau fungsionalnya tahun 2022,” ujar Nova.

Ads

Nova menyebut, oprit yang berada di seberang masuk paket jalan batas Bulohseuma, Aceh Selatan – Kuala Baru, Aceh Singkil. Diperkirakan panjang oprit 100 meter lebih.

“Untuk proyek sebesar ini, teknis dan teknologinya sangat susah, namun laporan kedinas PUPR Aceh sudah plus 9,”

Menurutnya proyek jembatan tersebut sebelumnya menggunakan sistem tahun tunggal sehingga terdapat kesulitan dalam struktur jembatan.

“Ini dulu tidak multiyears, tapi tahun tunggal yang pembangunannya bertahap, dimana tahap satu, hingga tahap selanjutnya strukturnya memang ada beberapa kesulitan karena setiap tahun orang berbeda yang mengerjakannya,”

Secara teknis pengerjaan proyek bisa bagus, terlebih lagi jembatan sepanjang 400 meter itu adalah jembatan terpanjang di Provinsi Aceh.

Kemudian pembangunan Jembatan satu titik lagi di Kayu Menang Kuala Baru sepanjang 100 meter lebih pengerjaannya menunggu pembuatan ruas badan jalan. Karena bila langsung dibuat jembatan posisi bangunan belum stabil sehingga untuk penyebrangan sementara menggunakan rakit.

“Kalau ruas badan jalan belum dibuat lahan jembatannya belum stabil, tidak mungkin kita membangun jembatan pakai helikopter,” pungkas Nova.

Jembatan Kilangan ini, pada fase keempat dikerjakan oleh PT Bafadhal Prima senilai Rp 14 Miliar lebih. [Khadafi]