26.8 C
Banda Aceh

Hari Guru Nasional 2020, Nadiem Makarim: Perjuangkan Guru Honorer Menjadi Guru ASN Tahun 2021

Headline

KANALACEH.COM – Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap 25 November. Peringatan HGN menjadi momentum tersendiri bagi guru dan siswa di MAN 4 Aceh Utara. HGN tahun 2020 bertema “Bakti Guru Lindungi Negeri”. Walaupun dalam keadaan pandemi Covid-19, guru dan siswa MAN 4 Aceh Utara tetap semangat memperingati HGN di halaman Madrasah.

Setiap Hari Guru Nasional guru menjadi petugas upacara bendera pada Rabu (25/11/2020) mulai dari pembacaan tata tertib upacara, pengerek atau pengibar bendera, pemimpin upacara, obade, pembacaan UUD 1945 hingga pembacaan doa dilakukan oleh para guru. Dan Pembina upacara dilakukan oleh Drs. H. Hamdani A. Jalil, M.A. selaku Kepala Seksi Penmad Kankemenag Aceh Utara. Dalam amanatnya beliau menyampaikan pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Dalam pidatonya disebutkan bahwa “Pada tahun 2021, kami berkomitmen memperjuangkan guru-guru honorer melalui seleksi yang demokratis bagi guru-guru non-PNS menjadi guru ASN PPPK dengan kuota cukup besar sesuai kebutuhan masing-masing daerah.”

Selanjutnya, Hamdani juga menyampaikan bahwa guru adalah sosok penting dalam pendidikan yang berjuang dan berkorban dalam mendidik generasi bangsa. Selain itu, guru juga merupakan sosok yang menjadi teladan bagi siswa. Oleh karena itu, guru harus dihormati, dihargai, dan diberikan apresiasi.

Selain di halaman sekolah, peringatan hari guru juga berlanjut dilakukan oleh para siswa di ruang kelas. Suasana pun tak seperti biasanya. Ruang kelas dihias dengan warna warni dan bertabur ucapan selamat hari guru. Mereka memberi ucapan dan berbagi kebahagiaan dengan gurunya. Nuansa kekerabatan antara guru dan siswa tergambar jelas. Siswa kado kepada masing-masing guru. Hal ini merupakan wujud rasa suka cita antarsiswa dan guru untuk mengucapkan terima kasih atas bimbingannya selama ini. “Ini wujud tanda terima kasih kepada guru-guru yang telah mendidik kami. Selamat Hari Guru untuk guruku, gurumu, dan guru di seluruh pelosok negeri,” kata Marjana, Ketua Osim MAN 4 Aceh Utara.
Kepala Madrasah, Drs. H. Sulaiman mengatakan bahwa pada peringatan Hari Guru Nasional ini, beliau berharap siswanya dapat menjadi anak yang lebih berkarakter, beriman, dan bertakwa kepada Allah SWT.

Sulaiman juga menambahkan “Di era milenial ini guru memiliki tantangan besar dalam mendidik siswa. Guru harus menguasai perkembangan teknologi digital dan mengarahkan siswa untuk berbuat hal yang positif. Saya ucapkan selamat Hari Guru Nasional untuk guru-guru terhebat di seluruh dunia.” (RIL)

Berita Terkait

Trending

Berita Terbaru