Hari Ini KMP Aceh Hebat 3 Bertolak dari Tegal Menuju Aceh Singkil

Keterangan Foto: Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 3 yang dijadwalkan mulai beroperasi awal tahun 2021 (Istimewa)

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 3 dikabarkan bertolak dari galangan kapal di Tegal, Jawa Tengah pada Rabu 23 Desember 2020 menuju Aceh Singkil.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Aceh Singkil Malim Dewa.

“Insya allah KMP Aceh Hebat 3 hari ini berangkat dari Pelabuhan Tegal, Jawa Tengah menuju Aceh Singkil,” kata Malim Dewa saat dikonfirmasi di Singkil.

Namun sebelum sampai ke Aceh Singkil, kapal akan singgah terlebih dahulu di Banda Aceh. “Singgah dahulu ke Banda Aceh,” ujarnya.

Kemudian kapal akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Aceh Singkil. Diperkirakan kapal akan tiba pada tanggal 28 Desember 2020.

KMP Aceh Hebat 3 akan melayani rute penyeberangan Singkil – Pulau Banyak. Kapal ini dilengkapi 212 tempat duduk dan mampu menampung 21 unit kendaraan.

KMP Aceh Hebat 3 nantinya akan dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Singkil.

“Sedangkan tarif kapal, sedang diusulkan lewat Peraturan Bupati sebesar Rp 35 sampai 36 ribu rupiah, karena tidak mungkin sama dengan dengan tarif KMP Teluk Singkil,” ungkapnya.

Guna menunjang sektor pariwisata Kepulauan Banyak, Pemerintah Aceh pada tahun 2020 ini telah membeli kapal motor dengan kapasitas 600 GT.

Kapal jenis roro ini ditargetkan akan beroperasi pada bulan Januari 2021 mendatang. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah direncanakan akan langsung meresmikannya.

Untuk diketahui KMP Aceh Hebat 3 digarap oleh galangan kapal PT Citra Bahari Shipyard di Tegal Provinsi Jawa Tengah. (Khdafi)

Related posts