Koordinasi Soal Pilkada 2022, DPRA Temui Mendagri

Ilustrasi pelaksanaan pilkada. (Foto: beritasatu)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Komisi I DPR Aceh hari ini berangkat ke Jakarta untuk bertemu Menteri Dalam Negeri guna membahas kesiapan Aceh menggelar Pilkada 2022. Selain ke Kemendagri, DPR Aceh juga akan mendatangi KPU RI, Bawaslu dan DPR RI.

Ketua DPR Aceh Dahlan Jamaluddin mengatakan, pihak Kemendagri juga sudah mengagendakan pertemuan dengan Komisi I DPR Aceh.

“Kita sudah mengagendakan jadwal dengan Kemendagri, Bawaslu, KPU RI dan Komisi II DPR RI. Pertemuan itu besok Rabu (10/2) dengan Kemendagri, lusa dengan KPU RI,” kata Dahlan usai menggelar rapat koordinasi dengan DPR Kabupaten Kota se Aceh dan Komisi Independen Pemilihan (KIP) terkait pilkada 2022, di Gedung Utama DPR Aceh, Selasa (8/2).

Petemuan itu nantinya akan berkoordinasi langsung dengan lembaga terkait untuk mendukung pelaksanaan pilkada 2022 sesuai UU Pemerintah Aceh. Kemudian membahas teknis pelaksanaannya.

Menurut Dahlan sejauh ini koordinasi antara pemerintah pusat dan Aceh berjalan baik dan tidak ada kendala apapun terkait pilkada.

Hanya saja persoalan teknis seperti anggaran yang belum dikoordinasikan. Namun, Pemerintah Aceh, kata Dahlan akan mempersiapkan terkait anggaran.

Pihaknya optimis sebelum memasuki tahapan pilkada yang di mulai April mendatang, persoalan anggaran sudah rampung, tinggal Pemerintah Aceh akan memutuskan bersama dengan pemerintah kabupaten kota.

“Masih ada ruang kita koordinasaikan terkait anggaran. Pastinya sebelum tahapan pada April. Tapi itu bersifat teknis, bagaimana nanti kita koordinasi soal naskah hibah perjanjian (NHP) dan sebagainya, teknisnya nanti diputuskan bersama Pemerintah Aceh dan pemerintah kabupaten kota,” kata Dahlan.

Related posts