26.7 C
Banda Aceh

Dua Hektare Lahan HGU PTCA Terbakar

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Sekitar dua hektare lahan perkebunan hak guna usaha (HGU) milik PT Cemerlang Abadi di Desa Alue Dawah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terbakar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Daya, Amiruddin, Selasa, mengatakan bahwa peristiwa kebakaran lahan HGU milik PT Cemerlang Abadi-Babahrot. Rabu (17/2).

“Kami bersama anggota TNI-Polri, Tagana, polisi hutan dan dibantu oleh dua unit alat berat milik PT Cemerlang Abadi sejak Senin, kemarin, melakukan pemadaman api di lokasi kebaran lahan ini,” kata Amiruddin di Blangpidie.

- Advertisement -

Berkat kerjasama tim gabungan dari BPBD Aceh Barat Daya, TNI-Polri, Tagana dan Polhut tersebut, kobaran api yang membakar lahan perkebunan kelapa sawit berhasil dipadamkan.

Tim Karhutla yang tergabung dari beberapa intansi pemerintah itu, kata dia, melakukan pemadaman api dengan cara mengali parit di sekeliling lahan yang terbakar, agar kobaran api tidak lagi meluas ke lokasi lain.

“Padam total belum, tapi untuk sementara sudah aman, karena sudah digali parit di sekeliling lahan untuk menghambat agar api tidak lagi meluas ke kawasan kebun kelapa sawit milik masyarakat,” kata Amir.

Kendati api sudah padam, namun Satgas Karhutla Kabupaten Aceh Barat Daya itu tetap masih melakukan pemantauan lahan, terhadap potensi kembali terbakar

“Saya belum tahu sumber api dari mana, yang pasti pemilik HGU harus bertanggungjawab atas segala sesuatu yang terjadi di area mereka sebagaimana perundang-undangan yang ada,” ujarnya.

Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru