Satlantas Abdya Razia Sepeda Motor Knalpot ‘Blong’

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan razia kendaraan dalam rangka persiapan jelang menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H / 2021 M. Kegiatan ini dilaksanakan di depan pos Satlantas jalan Kesehatan Gampong Geulumpang Payong, Blangpidie, Selasa (6 / 4).

Kapolres Abdya melalui Kasat Lantas Polres IPDA Muhammad Berny STr.K menyebut razia kendaraan bermotor tersebut dilakukan penertiban kendaraan sepeda motor yang menggunakan knalpot tidak sesuai dengan standar serta pengendara yang tidak memakai pengaman kepala.

“Penindakan terhadap kendaraan berknalpot tidak sesuai standar atau kenalpot blong yang membuat bising menjadi salah satu fokus razia Satlantas Polres Abdya menjelang bulan suci ramadan tahun 2021 ini,” kata Kasat Lantas, Berny.

Menurut Kasat Lantas, pentingnya menggunakan pengaman kepala bagi kendaraan bermotor guna menghindari hal yang fatal, dimana kematian akibat kecelakaan lalulintas sering terjadi di Abdya, sehingga razia yang dilaksanakan pihaknya itu merupakan salah satu langkah untuk kecelakaan kecelakaan dan kematian akibat tidak menggunakan atribut lengkap saat berkendaraan .

“Keselamatan itu penting saat berkendaraan, jika terjadi kecelakaan setidaknya ada bagian tubuh yang terlindungi. Seperti kepala, itu adalah daerah yang sangat beresiko,” ucap IPDA Muhammad Berny.

Selain itu, lanjutnya, razia ini juga digelar guna menindak lanjuti keluhan masyarakat yang terkait dengan maraknya kendaraan yang menggunakan kenalpot tidak sesuai standar, sebab dapat mengganggu ibadah apalagi hanya hitunggan hari sudah masuk bulan suci ramadan.

“Kalau tidak kita tertibkan dan himbau, masyarakat bisa lalai dan kita juga menjalankan permintaan masyarakat dan razian ini digelar di seluruh Aceh,” sebutnya.

Lebih lanjut disebutnya, seperti bulan ramadan tahun-tahun sebelumnya, dimana polisi polisi di sebuah titik di pusat kota Blangpidie saat menjelang sore hari, lentaran setiap orang di jalan pusat kota kerap padat dengan kendaraan lalulalang warga saat ngabuburit.

“Itu juga ada nanti dalam bulan ramadan,” katanya.

Related posts