Pemko Sabang Pastikan Daging Meugang Aman Dikonsumsi

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang memastikan daging sapi dan kerbau yang dijual pedagang pada tradisi meugang menjelang Ramadhan 1442 hijriah di kota setempat aman untuk dikonsumsi.

Kabid Peternakan, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang Jaya Saputra mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap daging usai penyembelihan sebelum di jual di pasar daging musiman.

“Kami sudah melakukan pemeriksaan, dan dapat dipastikan daging sapi maupun kerbau meugang ke dua ini bebas dari Fasciola Hepatica atau cacing hati,” kata Jaya, Senin (12/4).

Dia menjelaskan sebanyak 76 ekor sapi dan kerbau yang disembelih dalam dua hari pelaksanaan tradisi meugang di pulau paling barat Indonesia itu.

“Dari 76 ekor yang disembelih, terdiri dari 72 ekor sapi dan empat ekor kerbau. Semua ternak tersebut, tentunya sudah kami cek sebelum disembelih dan Alhamdulillah semuanya sehat,” katanya.

Ia menambahkan sapi dan kerbau itu mayoritas dari Kabupaten Aceh Besar, namun ada juga ternak milik warga Kota Sabang.

Dia berharap, peternak di Kota Sabang dapat terus menjaga ternaknya dengan baik sehingga dapat menghasilkan daging yang berkualitas.

Related posts