29.4 C
Banda Aceh

Dinkes Aceh Singkil Wacanakan Lockdown Kecamatan dengan Kasus Covid-19 Tinggi

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil Nruman gulirkan wacana lockdown wilayah setingkat kecamatan dengan kasus Covid-19 tinggi.

Hal itu dilakukan demi mencegah penyebaran virus Corona semakin meluas di Kabupaten Aceh Singkil.

Dari 11 kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, saat ini Kecamatan Gunung Meriah menjadi kecamatan yang paling tinggi kasus Covid-19.

“DiKecamatan Gunung Meriah, dari 10 orang yang diswab, 9 yang positif Corona, 18 yang diswab, 12 yang positif, kemudian 5 yang diswab, 5 yang positif. Apakah ini karena orangnya terbuka untuk mau diswab atau bagaimana,” ungkap Nruman ketika dikonfirmasi di Kantornya, Rabu 9 Juni 2021.

Menurut Nruman, meningkatnya kasus Covid-19 di Kecamatan Gunung Meriah dikarenakan beberapa faktor diantaranya banyaknya kerumunan yang terjadi seperti masih beroperasinya pasar mingguan, pasar harian, kafe, pesta atau hajatan, kepadatan penduduk serta kurangnya kesadaran masyarakat patuh protkes.

“Kita lihat sekarang kafe atau warkop masih buka hingga jam 12 malam, pesta/ hajatan masih dominan, banyak kerumunan terjadi,” lanjutnya.

Wacana lockdown kecamatan ini rencananya akan Ia bahas pada rapat bersama dengan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten.

“Apakah kita terapkan lockdown Gunung Meriah. Kita akan bawa wacana itu besok saat rapat dengan Tim Satgas, bagaimana solusi untuk kecamatan Gunung Meriah ini,” ungkapnya.

Data Satgas Penanganan Covid-19 Aceh Singkil sejak tahun 2020 yang diperbarui pada 9 Juni 2021 pukul 15.00 Wib, total kasus positif Corona kini mencapai 284 orang.

Terdiri dari pasien sembuh 225 orang, kasus meninggal dunia 8 orang, 3 orang dirawat di rumah sakit. Sementara 48 orang lainnya terkonfirmasi menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Jumlah pasien Corona di Kabupaten Aceh Singkil yang terbanyak saat ini adalah Kecamatan Gunung Meriah, dengan 180 kasus.

Di urutan kedua, ada Kecamatan Simpang Kanan dengan 43 kasus. Di posisi ketiga ada Kecamatan Singkil dengan 29 kasus.

Berikut ini daftar sebaran kasus positif Corona di setiap kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, dari kecamatan dengan jumlah kasus terbanyak:

1. Gunung Meriah
– kasus = 180 orang
– isolasi/dirwat = 40 orang
– wafat = 5 orang
– sembuh = 135 orang

2. Simpang Kanan
– kasus = 43 orang
– isolasi/dirwat = 2 orang
– sembuh = 41 orang

3. Singkil
– kasus = 29 orang
– isolasi/dirwat = 5 orang
– wafat = 1 orang
– sembuh = 23 orang

4. Singkil Utara
– kasus = 18 pasien
– isolasi/dirwat = 3 orang
– wafat = 1 pasien
– sembuh = 14 pasien

5. Singkohor
– kasus = 8 pasien
– isolasi/dirwat = 1 orang
– wafat = nihil
– sembuh = 7 pasien

6. Suro
– kasus = 3 pasien
– wafat = 1 pasien
– sembuh = 2 pasien

7. Danau Paris
– kasus = 2 pasien
– wafat = nihil
– sembuh = 2 pasien

8. Kuta Baharu
– kasus = 1 pasien
– wafat = nihil
– sembuh = 1 pasien

Sementara di Kecamatan Pulau Banyak, Pulau Banyak Barat dan Kuala Baru, masih nihil kasus Corona. (Kdfi)

Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru