Jalan Lintas Cot Manee Segera Dibangun

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Jalan lintas provinsi yang menghubungkan Kota Blangpidie dan Cot Manee Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan segera dibangun pada tahun 2022 mendatang dan telah masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah Aceh

Hal itu dikatakan oleh Kepala Bappeda Aceh, T. Ahmad Dadek, SH MH dihadapan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Abdya, Alfian Liswandar ST serta pejabat terkait lainnya saat melakukan kunjungan ke kabupaten dimaksud, Jumat (18/6).

Kepala DPUPR Abdya, Alfian Liswandar ST mengatakan, berdasarkan penyampaian Kepala Bappeda Aceh, jalan lintas Blangpidie-Cot Manee tersebut telah masuk dalam RKPA tahun 2022 dengan panjang 3,34 kilometer.

Kepastian terkait pembangunan jalan lintas provinsi yang selama ini menjadi jalur alternatif bagi warga Abdya dan sekitar itu membawa angin segar bagi warga setempat. Sebab, selama ini jalan dimaksud kerap mengalami kerusakan di beberapa titik, seperti lubang menganga dan kondisi badan jalan yang bergelombang.

Kondisi itu acap dikeluhkan warga, lantaran para pengendara yang melintas kerap mengalami kecelakaan.

Jalan alternatif itu telah berulang kali diperbaiki dengan tambal sulam. Namun setelah diperbaiki, ruas jalan itu kembali rusak.

Upaya perbaikan dan menambal sulam lubang menganga di ruas jalan itu semata-mata untuk memenuhi permintaan masyarakat yang selama ini mengeluhkan kondisi jalan yang semakin memperihatinkan dan berbahaya saat dilintasi.

Dia mengaku khawatir dengan kondisi jalan yang sangat membahayakan para pengguna jalan itu. Terlebih usia jalan tersebut sudah lebih 10 tahun dan dibangun menggunakan anggaran BRR. Untuk diketahui, para pengendaraan kendaraan bermotor jenis roda dua dan roda empat dari arah Meulaboh, Aceh Barat menuju Blangpidie, ibukota Kabupaten Abdya dan Aceh Selatan lebih cenderung menggunakan jalur alternatif ini dan tidak lagi melintasi Jalan Nasional kawasan Kecamatan Susoh.

Hal itu ditenggarai jarak tempuh yang sangat singkat, yaitu dari Simpang Cot Manee, Kecamatan Jeumpa menuju Kota Blangpidie yang jaraknya hanya sekitar 4 km. Jika melewati Jalan Nasional kawasan Susoh menuju Blangpidie jarak tempuh bisa mencapai belasan kilometer.

“Atas dasar itulah kami melakukan perbaikan berulang kali dan mengusulkan pembangunan jalan tersebut ke tingkat provinsi, sebab jalan itu merupakan kewenangan pihak provinsi. Alhamdulillah hal itu tersahuti dan akan terealisasi di tahun 2022 mendatang bahkan masuk dalam program prioritas,” pungkasnya.

Related posts