Sabang Masuk Nominasi Penerima Penghargaan Kota Sehat Tahun 2021

Tugu nol kilometer sabang. (Foto: IG @discoversabang)

Sabang (KANALACEH.COM) – Penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat kembali di gelar oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI.

Tahun ini Kota Sabang masuk nominasi sebagai penerima penghargaan Kota Sehat untuk mendapatkan Swasti Saba kategori Padapa.

Hal ini sesuai hasil rapat tim pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Aceh pada tanggal 12 Maret Tahun 2021 lalu, menindaklanjuti surat Menteri Dalam Negeri Nomor : 005/831/Bangda, dengan perihal pemberian penghargaan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2021.

Menanggapi hal ini, Kepala Bappeda Kota Sabang Faisal Azwar mengatakan sangat bersyukur karena Kota Sabang diusulkan untuk mendapatkan Swasti Saba kategori Padapa bersama dengan tiga Kabupaten/Kota lainnya di Aceh.

“Alhamdulillah, ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan, Kita masuk sebagai penerima penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) tahun 2021 dan nantinya akan menjadi Kota Pariwisata yang juga Kota dengan hunian bersih, nyaman dan sehat,” kata Kepala Bappeda Kota Sabang, Faisal Azwar, Minggu (4/7/2021).

Ia menjelaskan bahwa program KKS ini bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya.

“Namun, untuk mendapatkan penghargaan tersebut, Kota Sabang masih harus melalui penilaian pelaksanaan KKS, mulai dari melakukan bedah dokumen, verifikasi lapangan, hingga menetapkan hasil bagi daerah yang akan mendapat penghargaan. Kita harus selalu optimis dan yakin,” ucap Faisal.

Lebih lanjut dikatakan, penghargaan KKS ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Pusat pada Pemerintah Daerah yang sudah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.

“Penyelenggaraan Program KKS ini, seperti biasa akan melibatkan banyak lintas sektor dan lintas program melalui tatanan dalam KKS,” ujarnya.

Related posts