Wartawan Abdya Diminta Kedepankan profesionalitas Dalam Bertugas

  • Whatsapp

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Barat Daya (Abdya), Drs H Zainun Yusuf mengajak para wartawan yang bertugas dalam kabupaten setempat untuk terus mengasah kemampuannya dan memantapkan diri dengan nilai kompetensi sebagai seorang jurnalis.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas wartawan di kawasan Pantai Bali Kecamatan Susoh, Kamis (8/7).

Kegiatan yang diikuti seluruh wartawan dan dibuka langsung Wakil Bupati Abdya Muslizar MT turut menghadirkan Bupati Abdya, Akmal Ibrahim sebagai pemateri dan Khairul Azmi SH yang merupakan Ketua Bidang Hukum dan HAM Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) perwakilan Abdya.

Drs H Zainun Yusuf yang merupakan wartawan senior di kabupaten dengan julukan Breuh Sigupai itu mengingatkan para wartawan bahwasanya dalam menjalankan tugas sebagai seorang jurnalis tetap mengedepankan profesionalitas. Jangan memanfaatkan profesi wartawan sebagai alat untuk hal-hal yang tidak baik.

Menurutnya, pelatihan peningkatan kapasitas wartawan itu merupakan wujud dari pembinaan pers di Abdya. Terlebih kegiatan seperti itu sangat jarang dilakukan, sehingga harus ada upaya kedepannya untuk menggalakan kegiatan serupa.

“Semua wartawan yang tergabung dalam beberapa organisasi ikut kami rangkul dan duduk bersama dalam meningkatkan kemampuan serta kapasitas sebagai seorang perwarta handal. Dalam pelatihan ini Bupati Akmal Ibrahim memberikan materi tentang bagaimana menjadi seorang wartawan yang profesional serta peka terhadap lingkungan dan materi ini sangat cocok dengan beliau yang telah belasan tahun bergelut di dunia jurnalistik. Materi kedua tentang hukum agar wartawan paham tentang hukum,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif dan bisa membuat wartawan kompak. Terbukti, PWI Abdya, Forja, FJA, PWA dan Pers Tengku Peukan ikut andil dan turut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini. Sehingga kedepannya dia berharap kegiatan serupa dapat dilanjutkan, tentu dengan materi serta tema yang berbeda.

“Dengan acara ini, kita saling bersilahturahmi dan berdiskusi. Kedepan bisa terulang kembali agar semakin kompak. Saya juga berharap, wartawan di Abdya kedepannya bisa membuat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan menghadirkan para penguji, semoga saja bisa terwujud,” imbuhnya.

Wakil Bupati Muslizar MT dikesempatan yang sama mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Selama ini kehadiran wartawan di Abdya sangat membantu, terutama dalam hal menyampaikan informasi yang akurat serta dalam upaya membangun daerah.

Dia berharap wartawan dalam menjalankan tugasnya tetap profesional dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. Karenanya, sinergitas antara Pemkab Abdya dan wartawan dapat terus terjalin dengan baik. Merangkul wartawan bukan berarti harus membungkam tugas wartawan, akan tetapi untuk bersinergi dalam membangun daerah.

“Silahkan beritakan apa yang patut diberitakan, kami tidak berhak mengintervensi dalam hal pemberitaan. Yang jelas hadirnya wartawan sangat membantu proses kemajuan daerah, terutama dalam hal penyampaian informasi,” pungkasnya.

Related posts