Izin Orang Tua Kendala Vaksinasi Siswa SMA di Aceh Singkil Belum 100 Persen

  • Whatsapp

Aceh Singkil (KANALACEH.COM) – Vaksinasi Covid-19 bagi pelajar SMA-SMK/ sederajat di Kabupaten Aceh Singkil sudah mencapai 56 persen.

Pemerintah Aceh sebelumnya menargetkan vaksinasi bagi pelajar tuntas pada 30 September 2021.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Singkil dan Subulussalam, Asbarudin, Jumat (1/10) mengatakan, di Kabupaten Aceh Singkil jumlah siswa SMA sederajat yang telah divaksin sebanyak 56 persen dari total siswa sekitar 5.700 an.

“Alhamdulillah di Aceh Singkil kita dapat 56 persen dari 5.700 sekian siswa,” kata Asbarudin saat dihubungi.

Meski vaksinasi pelajar tingkat SMA sederajat di Kabupaten itu baru mencapai 56 persen. Namun lanjut Asbarudin, terdapat tiga sekolah yang capaian vaksinasinya telah melebihi 100 persen. 

“Sekolah yang telah mencapai vaksinasi 100 persen adalah, SMA Negeri 1 Pulau Banyak Barat, SMA Negeri 3 Gunung Meriah dan SMK Negeri 6 Aceh Singkil. Yang lainnya rata-rata 56 persen,” jelasnya

Asbar mengungkapkan kendala yang dihadapi sehingga belum 100 persen vaksinasi pelajar. Faktor utamanya adalah pemahaman orang tua siswa.

Diakuinya pihaknya belum berhasil dalam memberikan pemahaman seutuhnya kepada orang tua, sehingga banyak orang tua tidak mengizinkan anaknya untuk divaksin. Sementara untuk kesiapan dari Dinas Kesehatan sudah cukup baik.

Ada dua skema dalam pemberian vaksin untuk siswa yakni kerjasama dengan Puskesmas atau petugas kesehatan yang hadir langsung ke sekolah.

Asbar berpesan kepada setiap orang tua agar meningkatkan pemahaman akan vaksinasi sehingga tercipta herd immunity bagi anaknya sehingga pembelajaran tatap muka tidak terganggu.

Sementara bagi guru, Asbar menyebut diangka 90 persen guru setingkat SMA/ sederajat telah divaksin.

“Mudah-mudahan setelah siswa dan gurunya divaksin, kita kembali ke jam belajar seperti biasa 45 menit yang sekarang 30 menit dan dibagi dua sesi, sesi A dan sesi B,” terang Asbarudin. (Kdfi)

Related posts