Di Gagas Safaruddin, 22 Klub Terbaik Akan Berlaga di Piala Barsela Cup 1

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Event turnamen sepakbola Barat Selatan (Barsela) Cup I berhadiah Rp 125 juta bergulir sore ini di lapangan bola kaki Persada Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Selasa (9/11)

Turnamen yang digagas oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Safaruddin diikuti oleh 22 Club yang berasal dari Pantai Barat Selatan dengan sistem gugur penuh.

Wakil Ketua DPRA, Safaruddin mengatakan, turnamen Barsela Cup I digelar sebagai salah satu upaya dirinya membantu mempercepat program vaksinasi dalam rangka memutus mata rantai virus Corona atau Covid – 19.

” Nantinya bukan hanya pemain yang wajib vaksin tapi penonton. Lanjutnya jika penonton tidak mau di vaksin tidak diperbolehkan masul”. Katanya

Safaruddin mengatakan, turnamen iniJ juga untuk membangkitkan kembali dunia olahraga sepak bola yang sudah lama vakum. Juga sebagai dukunggan percepatan vaksinasi covid – 19, karena ini juga bagian dari ikhtiar kita supaya wabah corona segera berlalu.

Lanjunya, bagi warga yang hendak  menonton diwajibkan membawa bukti sertifikat vaksinasi minimal tahap I. Jadi, bagi yang belum vaksin tidak diperbolehkan menonton didalam stadion.

Namun, bagi masyarakat yang belum vaksin bisa langsung hadir ke stadion, sebab panitia menyediakan dua gerai vaksin gratis di depan stadion sehingga warga bisa langsung divaksin untuk bisa masuk.

“Vaksin ini perlu, supaya masyarakat terlindungi dari wabah Covid – 19, sehingga nantinya masyarakat kembali bisa beraktifitas kembali seperti sebelum Covid -19,” sebutnya.

Sementara Ketua Panitia penyelenggara Turnamen Barsela Cup I Zulkarnain mengatakan, meskipun penonton wajib membawa sertifikat vaksin, namun jumlah penonton memasuki stadion juga dibatasi dengan kuota keseluruhan 200 orang, yang terbagi masing-masing klub minimal 50 orang dan 100 orang lagi diberikan bagi penonton yang duluan hadir ke stadion Persada.

Selain itu panitia pelaksana vaksin di lokasi stadion tidak memaksa warga harus divaksin, tetapi masyarakat yang tidak mau divaksin tetap tidak akan diperbolehkan masuk kedalam stadion.

“Karena ini memang aturannya, jadi kita tetap jalankan aturan sebagaimana mestinya. Kemudian didalam kita juga menerapkan prokes ketat dengan menggunakan masker,” katanya.

Kemudian, kata dia, turnamen bergengsi itu memperebutkan total bonus senilai Rp. 125 juta, dimana nantinya tim berhasil keluar juara I akan mendapatkan hadiah uang berserta tropi Rp 50 juta, sementara juara II akan mendapatkan Rp 30 juta sementara juara III dan IV nantinya akan menerima hadiah bersama dengan masing-masing club meraih hadiah Rp 15 juta.

Sedangkan mekanisme permainan, tambahnya untuk hari pembukaan akan digelar satu pertandingan, sementara di hari kedua dan seterusnya dalam satu hari akan diadakan dua kali pertandingan dimana permainan pertama dimulai pukul 14:30 WIB dan permainan kedua 16.00 WIB hingga selesai.

“Kami berharap kepada semua masyarakat Abdya memberikan dukungan dalam pelaksanaan turnamen ini, sehingga turnamen ini bisa terselenggara dengan sukses, dan bisa menjadi pembuka jalan bagi turnamen lain yang belum terselenggara,”.

Related posts