Profil Saiful Husin, Guru Besar USK dan Raih Gelar Profesor

Dr. Ir. Saiful Husin, MT berhasil meraih gelar profesor di bidang Ilmu Manajemen dan Rekayasa kontruksi. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Usia bukanlah ukuran untuk terus berkarya dan berbakti. Hal itu dibuktikan Dosen Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK), Dr. Ir. Saiful Husin, MT berhasil meraih gelar profesor di bidang Ilmu Manajemen dan Rekayasa kontruksi dalam usia yang tak lagi muda.

Surat Keputusan (SK) gelar profesor tersebut ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim di Jakarta pada tanggal 7 September 2021.

Saiful Husin dikukuhkan sebagai profesor pada sidang terbuka senat Universitas Syiah Kuala di Event Hall  Academic Activity Center (AAC) Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh, pada hari Jumat (12/11/2021) oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M. Eng., I.P.U ASEAN, Eng.

Ia berhasil meraihnya pada umur 66 tahun, saat sudah memasuki masa pensiun. Di  sela-sela kesibukannya mengajar sebagai dosen dan juga sejumlah aktivitas lainnya, Saiful Husin, tetap meluangkan waktunya untuk melakukan penelitian dan rutin menulis artikel ilmiah.

Putra asal Aceh Utara ini berhasil mewujudkan cita-cita yang dia impikan sejak kecil karena ketekunan dalam  menulis artikel ilmiah. Tercatat, ada puluhan artikel ilmiah yang telah terpublikasi.

“Sejak kecil saya memiliki cita-cita, agar kelak saya bisa meraih gelar profesor di bidang keilmuan yang saya tekuni. Sambil menjalani profesi saya sebagai dosen saya tetap fokus mewujudkan cita-cita itu dengan melakukan penelitian dan karya ilmiah,” katanya.

Dia berharap, gelar profesor yang diraih tersebut bisa bermanfaat untuk kemaslahatan orang banyak.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur atas nikmat ini, semoga bisa bermanfaat untuk kemaslahatan orang banyak,” kata Saiful Husin.

Saiful Husin punya cara tersendiri dalam mencapai gelar profesor ini, meski umur tak muda lagi, ia tetap berusaha produktif, setiap hari ia meluangkan waktu aktivitas menulis walaupun hanya sebentar.

“Istiqamah, pelan-pelan Alhamdulillah sampai akhir,” ujarnya.

Saiful Husin dikenal sebagai sosok teladan sejak masa kecil. Lahir di Lhokseumawe, 1 Januari 1955 silam dari pasangan M. Husin. H. Syam (alm) dan Asiah (alm).

Saiful begitu orang orang memangilnya, mulai mengenyam pendidikan di SD Negeri 1 Lhokseumawe pada 1961 dan selesai pada 1967. Kemudian melanjutkan ke SMP Negeri 1 Lhokseumawe dan selesai pada 1970.

Lulus dari sana, Saiful melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 1 Lhokseumawe dan selesai pada 1973. Dan pernah terlibat di organisasi sekolah sebagai Ketua Umum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMAN Lhokseumawe masa jabatan 1971 – 1973.

Dua tahun kemudian, Saiful melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dia diterima sebagai mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala Angkatan 1975.

Sosok saiful yg suka kegiatan organisasi dan lagi terlibat pada organisasi Badan Permusyawaratan Mahasiswa Fakultas Teknik Unsyiah sebagai anggota pada tahun 1976 s.d 1978 dan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik Unsyiah 1981 – 1983.

Selesai pendidikan Sarjana Stara-1 (S1) pada 16 Agustus 1985 dengan Gelar Insiyur Teknik . Dua tahun berselang, Ir. Saiful Husin menjadi dosen tetap di Universitas Syiah Kuala pada tanggal 22 Juni 1987 dengan SK Rektor Universitas Syiah Kuala.

Dari sana, Saiful Husin kemudian melanjutkan magister ke Bandung. Di provinsi berjuluk Paris Van Java ini, Saiful Husin mengambil jurusan Teknik Manajemen dan Rekayasa Kontruksi di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1990. dan selesai pada 23 Oktober 1993.

Pulang dari sana, Saiful Husin, kembali mengabdi sebagai pengajar di Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Pada tahun 1994 Ir. Saiful Husin, MT mengikuti pelatihan Research study in Civil Engineering di Tokyo University.

Perjalanan karir  Saiful Husin selangkah demi selangkah dilalui, menduduki sejumlah jabatan strategis di fakultas setempat, di antaranya sebagai Pembantu Dekan III Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (1990-1992), Direktur Program Eksensi Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (1996-2005), Kepala Laboratorium Manajemen dan Rekayasa Kontruksi Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (1996-2005), Direktur Program D3 Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (1998-1999).

Di sela-sela kesibukannya sebagai pengajar, Saiful Husin, kemudian mengambil gelar doktor di Prodi Teknik Universitas Syiah Kuala Banda Aceh pada 2014 dan selesai pada 2019.

Capaian Saiful Husin di usia senja itu tentu merupakan buah manis dari perjalanan akademiknya yang panjang. Di usia senja, ia kini memiliki NIDN khusus sebagai dosen di Fakultas Teknik USK.

Related posts