Wapres Sorot Serapan Anggaran Aceh yang Lambat

Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M. Kes bersama Ketua TP-PKK Aceh, Dr.Ir. Dyah Erti Idawati, MT dan Forkopimda Aceh, menyambut Ketibaan Wakil Presiden Republik Indonesia, KH, Ma’ruf Amin beserta Istri di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Selasa, (16/11/2021). (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyoroti penyerapan anggaran di Provinsi Aceh yang masih lambat. Ma’ruf mempertanyakan kendala dan masalah yang membuat serapan anggaran itu lambat.

Hal itu disampaikan Ma’ruf saat memimpin rapat tentang ‘Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pelayanan Publik’ di kantor Gubernur Aceh, Selasa (16/11/2021). Ma’ruf awalnya menjelaskan fokus pemerintah saat ini adalah reformasi birokrasi.

“Salah satu fokus pemerintah adalah akselerasi reformasi birokrasi. Saya diberi mandat oleh Presiden untuk mengawal tercapainya target reformasi birokrasi ini, kata Ma’ruf dalam sambutannya. Sebelum menyoroti serapan anggaran yang lambat, Ma’ruf mengapresiasi Pemprov Aceh yang mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). Ma’ruf berharap, dengan predikat itu, Aceh terus meningkatkan pelayanan publik.

“Sebelumnya, saya ingin mengapresiasi dan memberi penghargaan atas tata kelola Provinsi Aceh sudah 6 tahun memperoleh status WTP. Semoga dapat terus mendorong perbaikan prestasi di semua kabupaten dan juga peningkatan pembangunan di Provinsi Aceh,” katanya.

Sebelum menyoroti serapan anggaran yang lambat, Ma’ruf mengapresiasi Pemprov Aceh yang mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP). Ma’ruf berharap, dengan predikat itu, Aceh terus meningkatkan pelayanan publik.

“Sebelumnya, saya ingin mengapresiasi dan memberi penghargaan atas tata kelola Provinsi Aceh sudah 6 tahun memperoleh status WTP. Semoga dapat terus mendorong perbaikan prestasi di semua kabupaten dan juga peningkatan pembangunan di Provinsi Aceh,” katanya.

Ma’ruf kemudian menyoroti serapan anggaran di Pemprov Aceh yang lambat. Dia meminta agar serapan anggaran itu dipacu.

“Cuma saya mendengar akhir-akhir ini bahwa penyerapan anggaran agak lambat. Informasi nanti Pak Mendagri bisa menjelaskan. Saya kira ini harus dipacu. Pemulihan-pemulihan ekonomi nasional kita itu, peran dari pemerintah sangat bisa mengembalikan dan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di nasional ataupun daerah. Karena itu harus menjadi perhatian,” tutur dia.

Ma’ruf mengatakan tahun anggaran 2020-2021 segera habis. Ma’ruf pun menanyakan apa yang membuat serapan anggaran Aceh lambat.

“Ini sudah hampir, tahun anggarannya hampir habis. Andai kata itu terjadi itu, kenapa terjadi perlambatan itu? Apa hal yang membuat itu bermasalah?” tuturnya.

“Kemudian juga kualitas pelayanan publik itu merupakan salah satu ujung dari keberhasilan reformasi birokrasi dan menjadi barometer kepuasan masyarakat. Terwujudnya kualitas pelayanan publik yang baik itu akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan, prinsipnya itu,” sambungnya. [detik]

Related posts