Saluran Irigasi Sayap Kanan Panton Ambruk, Ratusan Hektare Tanaman Padi Terancam Gagal Tanam

by Jimi Pratama

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Saluran irigasi sayap kanan Krueng Susoh, tepatnya di Desa Panton Raya, Blangpidie ambruk akibat diterjang banjir.

Ambruknya saluran irigasi ini akibat curah hujan di Abdya akhir-akhir sangat tinggi. Rabu (1/12)

Akibat dari itu ratusan hektare tanaman padi masyarakat terancam gagal tanam. Padahal irigasi sayap kanan tersebut untuk mengairi ratusan hektare sawah.

Irigasi tersebut dibutuhkan untuk mengairi areal pertanian kawasan Desa Seunaloh,Ladang Neubuk, Guhang, Lhung Asan, Lhung Tarok, Cot Jirat, Asoe Nanggroe dan Padang Geulumpang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Abdya Alfian Liswandar, irigasi tersebut merupakan kewenang Pusat. Meskipun demikian untuk sementara waktu dilakukan perbaikan secara darurat.

” Kita bantu pasang armco. Kebetulan bahan tersebut ada sama kita. Karena jika kita tunggu sekarang sudah memasuki penghujung tahun anggaran tidak mungkin kita biarkan sedangkan para petani sekarang lagi membutuhkan air di sawah”. Katanya

Dari peristiwa itu lebih kurang 800 hektare sawah terancam gagal tanam. Namun demikian untuk penanganan permanen saluran irigasi tersebut itu merupakan kewenangan Pusat.

” Intinya itu kewanangan Pusat dan juga sudah kita usulkan ke Balai Pengairan. Mungkin tahun depan sudah dibangun”. Ungkapnya

Sementara itu kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdya Nasruddin, berharap agar Daerah Irigasi (DI) kepada Dinas terkait agar segera dilakukan perbaikan mengingat ini menjadi kebutuhan para petani apalagi sudah memasuki musim tanam.

” Kita berharap segera dilakukan perbaikan”. Sebutnya.

Bedasarkan pantauan Kanalaceh.com di lokasi petugas Dinas PUPR Abdya sedang melakukan perbaikan saluran irigasi.

You may also like