Wisata Sabang Dipromosikan Saat Kongres JKPI di Bogor

by Diki Arjuna

Sabang (KANALACEH.COM) – Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus turut mempromosikan potensi pariwisata dan kebudayaan di wilayah paling barat Indonesia itu dalam Kongres V Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Kota Bogor.

“Ini salah satu kesempatan untuk mempromosikan potensi yang ada di Kota Sabang baik dari segi kebudayaan maupun pariwisatanya kepada daerah-daerah lain di Indonesia” kata Suradji Junus dalam keterangannya.

Suradji didampingi Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Faisal dan Kepala Dinas Pendidikan Desiana menghadiri Kongres V JKPI di Kota Bogor mulai 2-5 Desember 2021. 

Selain Kota Sabang, kegiatan tersebut juga dihadiri 38 kepala daerah dari seluruh Indonesia. Tujuan kongres itu untuk memilih dewan presidium dan pengurus baru periode 2022-2024. 

Selain itu, ini juga sebagai ajang promosi terkait potensi kebudayaan maupun pariwisata yang ada di Kota Sabang, katanya.

Untuk diketahui, JKPI merupakan sebuah jaringan antarkota di Indonesia yang didirikan dengan tujuan menjaga kelestarian benda cagar budaya peninggalan sejarah di Indonesia.

Kongres ke V JKPI di awali dengan penyambutan dari Wali Kota Bogor Bima Arya di Balai Kota kepada setiap kepala daerah yang hadir serta dilanjutkan dengan malam welcoming dinner di Bogor Creative Center (BCC).

Selain kongres sebagai agenda utama, juga akan digelar berbagai aktivitas lainnya seperti seminar, pagelaran kesenian, pameran dan city tour yang akan mengunjungi beberapa situs sejarah di Kota Bogor.

Pelaksanaan pameran akan dimeriahkan dengan penampilan permainan tradisional dan pagelaran kesenian dari peserta anggota JKPI yang berasal dari berbagai daerah dan juga Kota Bogor sebagai tuan rumah.

Pada kongres ke V JKPI ini juga ada peluncuran Ibu Kota Kebudayaan. Sekaligus agenda penyerahan penghargaan kepada penggagas JKPI, di antaranya Presiden Joko Widodo dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

You may also like