Pemerintah Kucurkan Anggaran 40 Milyar Pembangunan Jembatan Pulau Kayu

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan melakukan pembangunan pelebaran jembatan Pulau Kayu, di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan lalulintas di kawasan Barat-Selatan Aceh.

Kepala Dinas PUPR Abdya, Alfian Liswandar mengatakan, proses pembangunan pelebaran jembatan Pulau Kayu, di Kecamatan Susoh kini tengah proses lelang (tender) di Balai Pengadaan Barang dan Jasa Aceh.

“Insyaallah awal tahun 2022 sudah mulai dikerjakan sekaligus pelebaran jembatan Alue Meuria di Desa Ujong Padang, sebagai upaya Pemerintah untuk mengurai kemacetan lalulintas dikawasan jalan dua jalur itu,” kata Alfian.

Menurut Alfian, pengunaan jalan dua jalur dikawasan Padang Meurante, Susoh kedepan tentu akan menjadi lebih maksimal jika kedua infrastruktur jembatan di jalan nasional lintasan barat-selatan Aceh tersebut telah diperluas.

“Kondisi kedua jembatan itu sekarang kan sempit, hanya sekitar enam meter. Jadi, dengan adanya pelebaran tentu penguna jalan akan menjadi lebih mudah dalam berkendara karena jembatannya sudah menjadi dua arah,” ujarnya

Ia menjelaskan, jembatan Pulau Kayu, Susoh memiliki panjang sektar 52 meter dan panjang jembatan Alue Meria, Desa Ujong Padang sekitar 31 meter dengan lebar existing yang ada sekarang hanya sekitar enam meter.

“Rencana pembangunan pelebarannya dilakukan kiri-kanan. Untuk sebelah kiri ditambah 4,5 meter dan sebelah kanan 4,5 meter, jadi, kedepan luas keseluruhan sudah 15 meter termasuk trotoar tengah dan kiri-kanan,”ujarnya

Ia juga menjelaskan, pembangunan pelebaran kedua jembatan tersebut mengunakan sumber Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2022 dengan nilai pagu anggaran sekitar Rp 40 milyar.

“Ini semua berkat kerja keras kepala daerah (bupati) dalam melobi ke pusat. Jadi, sekarang kita doakan semoga proses lelangnya lancar supaya awal tahun depan sudah mulai dikerjakan,”demikian Alfian Liswandar.

Related posts