Prof Marwan Dilantik Jadi Rektor Universitas Syiah Kuala

by danirandi

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU resmi menjadi Rektor Universitas Syiah Kuala untuk periode 2022 – 2026. Hal ini ditandai dengan dilantiknya Prof Marwan oleh Sekretaris Jendral Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdibudristek) Ir. Suharti, Jakarat (8/3).

Sebelumnya Prof. Marwan terpilih sebagai Rektor USK pada 24 Januari 2022 lalu, menggantikan Rektor sebelumnya yaitu Prof Samsul Rizal.

Pada kegiatan ini, Prof. Marwan dilantik bersama dua pejabat lainnya, yaitu Rektor Universitas Mataram dan Pejabat Administrator LLDIKTI Wilayah I. Serta turut disaksikan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional DR. Sofyan Djalil dan Sekjen DPR RI Ir. Indra Iskandar.

Seusai pelantikan Prof. Marwan menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya untuk memimpin perguruan tinggi tertua di Aceh ini.

Ia menilai, amanah ini adalah bentuk kepercayaan bersama dari segenap sivitas akademika USK termasuk pula Pemerintah Daerah dan mitra USK lainnya, untuk bergerak sinergis mewujudkan visi dan misi kampus ini. Oleh sebab itu, Prof. Marwan mengharapkan dukungan semua pihak agar bisa menjalankan amanah sebagai Rektor USK ini dengan sebaik-baiknya.

“Selama ini semangat kejujuran, keikhlasan dan kebersamaan telah menjadi pondasi yang kuat untuk kita semua. Jadi mohon doa dan dukungannya, agar amanah ini  bisa memberi banyak perubahan yang positif bagi USK,” ujarnya.

Selanjutnya, Prof. Marwan mengungkap di masa kepemimpinannya dalam empat tahun ke depan ia akan fokus pada penguatan institusi USK. Mengingat saat ini USK dalam masa transisi dari Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum (PTN BLU), menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH). Di mana transformasi statuta tersebut sudah pada tahap pembahasan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) lintas Kementerian.

Hal lainnya yang menjadi perhatian Prof. Marwan adalah meningkatkan kualitas riset USK, khususnya dari sisi inovasi.  Mengingat selama ini riset-riset USK telah berkembang dengan sangat baik dan memberi manfaat yang berarti bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Karena hasil riset USK harus mampu diimplementasikan kepada masyarakat dan berdampak luas, sehingga bisa berkontribusi secara nasional dan internasional,” ucapnya.

You may also like