Tak Terima Ditegur Warga, Pengungsi Rohingya di Bireuen Diusir

Ilustrasi, Pengungsi Rohingya di BLK Lhokseumawe. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – 114 pengungsi Rohingya yang terdampar di Desa Alue Buya Pasie, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen, Aceh diusir warga setempat karena tidak terima ditegur saat ketahuan ingin melarikan diri dari tempat pengungsian.

Kepala Desa Alue Buya Pasie, Muslem membenarkan warganya bertindak untuk mengusir pengungsi Rohingya karena tidak mau diatur. Penyebabnya kata dia, diduga ada provokator di dalam rombongan pengungsi tersebut.

“Awalnya warga kita menangkap tiga yang mau melarikan diri. Lalu ditegur, tapi mereka tidak terima dengan teguran itu, kemudian memilih untuk pergi,” kata Muslem, Minggu (20/3).

Menurutnya selama ini warga Desa Alue Buya tidak pernah bermasalah dengan pengungsi tersebut, warga, kata dia selalu memberikan bantuan makanan ke Rohingya.

Hanya saja, sikap pengungsi Rohingya tersebut tidak terkendali karena sering berupaya ingin melarikan diri dari tempat pengungsian. Warga pun sudah berulang kali menegur agar mereka tidak kabur.

“Kita kasih mereka tempat, kasih makan dan kita bantu. Malah mereka seperti ini, warga mengusirpun ada sebabnya,” ujar Muslem.

Saat ini 114 Rohingya tersebut sudah diamankan ke aula Kantor Camat Jangka Bireuen setelah aparat TNI-Polri mengevakuasi mereka ke tempat yang aman.

Related posts