H-7 Lebaran, Pemudik di Aceh Capai 4.166 Orang

by danirandi

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dinas Perhubungan Aceh mencatat, sejak H-7 lebaran sekitar 4.166 orang melakukan perjalanan mudik, baik melewati jalur darat, udara dan tranportasi laut.

Kadishub Aceh Teuku Faisal mengatakan, pemudik yang ingin melakukan perjalanan pulang kampung tahun ini meningkat drastis.

Pihaknya juga sudah melakukan pemantauan di Posko Mudik Lebaran Aceh yang berlokasi di area Terminal Tipe A Banda Aceh, Senin malam (25/4).

Dalam kunjungannya tersebut, Faisal menyebutkan bahwa pergerakan pemudik di Aceh saban hari mengalami peningkatan.

“H-7 lebaran, kita merekam sebanyak 4.166 orang melakukan perjalanan mudik. Di antaranya, 1.560 orang mudik menggunakan transportasi darat, 1.523 orang menggunakan transportasi laut, dan 1.083 dengan transportasi udara,” kata Faisal seperti dilansir laman Dishub Aceh, Selasa (26/4).

Selain meninjau posko mudik, Faisal juga melihat kesiapan Posko Pemantau Mudik milik Dishub Aceh di ruang pusat kendali (Command Center Room) Depo Trans Koetaradja.

Melalui posko ini, aktivitas dan suasana di seluruh terminal tipe B dan pelabuhan penyeberangan di Aceh dapat dipantau secara langsung.

Kesiapan posko mudik, lanjut Faisal, harus benar-benar matang supaya dapat memantau aktivitas mudik dengan optimal. Selain itu, posko juga menjadi tempat penyebaran informasi yang dibutuhkan masyarakat selama mudik.

Pada saat bersamaan, Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh juga melakukan pengecekan urine bagi sopir angkutan umum.

“Saat ini, sudah puluhan sopir angkutan umum yang melakukan tes urine. Hal ini sebagai upaya deteksi dini agar tidak terjadi kesalahan dalam berkendara. Sejauh ini, hasilnya semua bersih dan bebas ,” ungkapnya.

You may also like