Hingga Lebaran keempat, 7000 Wisatawan Masuk Sabang

Ilustrasi, Warga memadati pelabuhan Balohan, Sabang. (Kanal Aceh/Arjuna)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Jumlah wisatawan yang berlibur ke Sabang memasuki hari keempat lebaran idul fitri 1443 terus meningkat. Hingga kini, tercatat jumlah wisatawan masuk Sabang sudah mencapai 7000 orang.

Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Teuku Faisal mengatakan, dari hasil pantauan pihaknya selama libur lebaran, ada 7000-an wisatawan yang telah tiba di Sabang sejak lebaran Idul Fitri.

Sehingga pihaknya memastikan agar kesiapan Pelabuhan Balohan dalam mengantisipasi arus balik wisatawan harus benar-benar diperhatikan.

“Jumlah ini terus bertambah dari hari ke hari,” sebut Faisal seperti dilansir laman Dishub Aceh, Kamis (5/5).

Faisal menambahkan, sejak mudik diperbolehkan oleh pemerintah, persiapan ekstra dan cepat perlu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik maupun perjalanan wisata. Salah satunya, sebutnya lagi, adalah membangun kolaborasi dan koordinasi yang intens dengan seluruh stakeholder yang terlibat dalam sektor transportasi.

“Kolaborasi sangat penting agar perjalanan masyarakat tidak terganggu,” ujarnya.

Persiapan menghadapi lonjakan penumpang di Pelabuhan Balohan sendiri telah dilakukan Dishub Aceh bersama Dishub Kota Sabang. Sebanyak 9 personil Dalops Dishub Sabang telah dikerahkan untuk mengatur arus lalu lintas di area pelabuhan agar tidak terjadi kemacetan.

Kadishub Kota Sabang diwakili oleh Agustiar, Kepala Bidang Laut dan Udara, mengungkapkan bahwa pihaknya memprediksi kedatangan wisatawan ke Sabang menjelang akhir libur lebaran masih cukup tinggi.

“Berdasarkan pengalaman sebelumnya, di hari Minggu (8/5) masih ramai. Apa lagi saat ini tidak ada lagi pembatasan perjalanan,” ujar Agus.

Related posts