Pemimpin Chechnya Ngebet Gempur Seluruh Ukraina

by danirandi

(KANALACEH.COM) – Pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov, mendesak agar Rusia menggempur habis-habisan seluruh Ukraina, tak hanya kawasan timur. Menurutnya, situasi di Ukraina saat ini sudah masuk taraf kekacauan global.

Melalui pesan video, Kadyrov mengatakan bahwa tahap pertama serangan Rusia yang berfokus di daerah timur tak cukup. Ia mendesak agar Rusia memasuki tahap kedua serangan dengan menggempur seluruh Ukraina.

“Yang terpenting adalah memulai tahap kedua, dan menjalankan operasi khusus tak hanya di Luhansk dan Donetsk, tapi seluruh wilayah Ukraina,” ujar Kadyrov, seperti dikutip kantor berita Ria Novosti, Selasa (3/6).

“Mengapa? Di Ukraina, senjata-senjatanya sudah dijual ke penduduk lokal. Ini sudah menjadi kekacauan global. Agar semuanya berhenti, kita harus menghentikannya. Kita harus memulai tahap kedua.”

Ia juga mendesak agar Rusia segera membentuk pemerintahan baru di daerah-daerah yang sudah dikuasai pasukan Negeri Beruang Merah.

“[Kita juga harus] terus berdialog dengan negara-negara lain yang mau membangun hubungan dengan kita. Jika mereka mau menjatuhkan sanksi, kita harus melawan. Jika mereka hanya ingin perang, kita akan melawan,” tutur Kadyrov.

Kadyrov kemudian membanggakan kekuatan pasukan separatis Ukraina pro-Rusia yang membantu upaya serangan di timur negara itu.

Selama Rusia melancarkan invasi, Kadyrov memang mengirimkan pasukannya untuk membantu Negeri Beruang Merah menggempur Ukraina.

Di sisi lain, ada pula kubu pasukan Chechen yang bertarung untuk membantu pasukan Ukraina melawan balik Rusia. [CNN]

You may also like