Otoritas Pelabuhan Antisipasi Lonjakan Penumpang dari Sabang Saat Puncak Arus Balik

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Otoritas Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh menyebutkan puncak arus balik wisatawan kembali ke Banda Aceh, setelah berlibur di Kota Sabang diperkirakan pada H+6 Idul Fitri 1443 Hijriah atau tepatnya pada Minggu (8/5).

“Arus baliknya kita prediksikan pada Minggu mendatang, orang balik dari Sabang ke Banda Aceh, karena Senin orang sudah mulai aktivitas kembali,” kata Koordinator Pelabuhan Ulee Lhue Ismayadi melalui Penanggung Jawab Tata Usaha Maulizan seperti dilansir laman Antara, Sabtu (7/5).

Dijelaskan, sejak H+1 ldul Fitri 1443 Hijriah, ribuan orang menyeberang ke Pulau Weh Sabang untuk berwisata. Bahkan Pelabuhan Ulee Lheu memberangkatkan penumpang mencapai 4.000 orang per hari ke pulau paling barat Indonesia itu.

Data Dinas Perhubungan Aceh mencatat, mulai H hingga H+2 Idul Fitri atau dari 2-4 Mei 2022, sebanyak 12.246 orang warga keluar masuk Sabang. Sebanyak 2.202 unit kendaraan roda dua dan 883 unit roda empat.

Sejak hari itu, kata Maulizan, warga dari berbagai daerah di Indonesia terus beramai-ramai menyeberang ke Sabang. Menurutnya, tingginya animo masyarakat berwisata ini karena dua tahun tempat wisata tutup saat lebaran akibat pandemi COVID-19.

“Mulai besok kita prediksikan masyarakat menyeberang ke Sabang akan terjadi penurunan, tapi kita antisipasi lonjakan penumpang dari Sabang kembali ke Banda Aceh,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihak terus memberi pelayanan terbaik bagi setiap penumpang agar bisa menyeberang kembali ke Banda Aceh dengan tertib dan tiba di daerah masing-masing dengan selamat.

“Umum kita wisatawan kita dari Sumatera Utara, mungkin 60 persen dari sana. Kalau orang kita sendiri kurang,” katanya.

Apalagi, kata dia, saat ini pihaknya telah melakukan penambahan jadwal kapal berlayar, baik kapal ferry atau roro maupun kapal cepat. Hari biasa, kapal ferry hanya melayani tiga trip per hari dan kapal cepat empat trip per hari.

“Tapi sejak H+1 kemarin, kapal ferry sudah mulai berlayar sampai enam trip per hari dan kapal cepat tujuh trip per hari, sampai arus balik ini,” katanya.

Related posts