Cek Mad Harap Kafilah Aceh Utara di MTQ ke 35 Bisa Tampil Maksimal

Aceh Utara (KANALACEH.COM) – Kafilah peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dari Kabupaten Aceh Utara tiba di Kabupaten Bener Meriah pada Kamis malam (16/6) untuk mengikuti kegiatan MTQ ke-35 tingkat Provinsi Aceh.

Kafilah tersebut dilepas langsung oleh Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib di halaman Pendopo Bupati di Lhokseumawe. Perjalanan menuju Bener Meriah mengambil rute lewat Jalan KKA – Gunung Salak – Simpang Tiga Redelong, menggunakan unit bus milik Pemerintah Daerah dan beberapa mobil minibus.

Pemkab Aceh Utara dalam MTQ itu mengirim 50 orang peserta untuk mengikuti ajang MTQ ke-35 Provinsi Aceh. Mereka akan unjuk kebolehan pada sejumlah cabang MTQ, meliputi cabang tilawah, cabang tartil, qiraat sab’ah, hifdzil qur’an, tafsir qur’an, fahmil qur’an, syarhil qur’an, khattil qur’an dan cabang Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an (KTIQ).

Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Utara Tgk Muhammad Idris mengatakan, para peserta MTQ itu sebelumnya telah dipersiapkan dengan matang.

Mereka telah mengikuti proses pemantapan melalui Pemusatan Latihan atau TC (Training Center) sebelum menuju ke Bener Meriah.
Menurut Tgk M Idris, TC untuk peserta MTQ Aceh Utara digelar selama seminggu pada tanggal 5 – 12 Juni 2022 di Wisma Kuta Karang Baru Lhokseumawe.

“Dengan adanya proses pemantapan melalui TC kita harapkan semua peserta bisa tampil lebih maksimal di arena MTQ nantinya,” ungkapnya, seraya menambahkan pada TC tersebut pihaknya turut mendatangkan pelatih dari Provinsi Aceh untuk beberapa cabang andalan, seperti cabang hifdzil, tafsir dan khat.

Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terhadap semangat seluruh peserta MTQ Aceh Utara yang berangkat ke Bener Meriah.

Cek Mad, sapaan akrab Bupati, bahkan menyatakan dirinya akan hadir ke lokasi pemondokan kafilah di Bener Meriah untuk memotivasi para peserta MTQ.

“InsyaAllah, saya akan hadir ke lokasi pemondokan kafilah di Bener Meriah, apakah tiba usai shalat Subuh, dan langsung bisa makan bersama peserta dan offisial MTQ, walau hanya pakai telur asin,” kata Cek Mad.

Cek Mad berharap, agar seluruh peserta MTQ Aceh Utara dapat menjaga kekompakan dan kebersamaan selama mengikuti MTQ ke-35 Provinsi Aceh.

“Yang penting seluruh peserta kompak dulu, insyaAllah dengan adanya kekompakan prestasi akan dapat diraih,” harapnya.

Selain itu, para peserta juga diharapkan dapat menjaga kesehatan dengan baik selama mengikuti MTQ. Kemudian peserta diminta menjaga jenis makanan dan jadwal makan, tidak sembarangan membeli jajanan sehingga tidak berefek terhadap kesehatan.

Pada kesempatan melepas keberangkatan kafilah MTQ tersebut Cek Mad turut memberikan buah tangan untuk seluruh peserta. Buah tangan itu selain sebagai bentuk apresiasi juga untuk menambah motivasi kepada peserta.

“Jangan dilihat dari jumlahnya, tapi lihatlah bentuk kepedulian dan apresiasi terhadap kafilah,” kata Cek Mad.

MTQ ke-35 tingkat Provinsi Aceh akan berlangsung di Kabupaten Bener Meriah pada 18-25 Juni 2022. Kafilah Kabupaten Aceh Utara sebelumnya pada tahun 2015 berhasil meraih Juara Umum pada MTQ ke-32 yang diadakan di Kabupaten Nagan Raya dengan meraih 72 poin.

Meskipun pada MTQ ke-35 tahun ini Pemkab Aceh Utara tidak memasang target juara, akan tetapi kepada seluruh peserta sangat diharapkan untuk tampil maksimal sehingga dapat menggapai hasil yang gemilang. *ADV

Related posts