Pemkab Simeulue Rayakan Idul Adha Besok Sabtu 9 Juli

Kantor Bupati Simeulue. (Dani Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Simeulue, Aceh akan merayakan lebaran Idul Adha 1443 Hijriah besok Sabtu (9/7). Hal tersebut berbeda dengan penetapan Pemerintah dimana Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu tanggal 10 Juli.

Dari surat edaran yang terbitkan oleh Pemkab Simeulue, penetapan Idul Adha 1443 berdasarkan hasil musyawarah pemerintah setempat dengan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Simeulue.

“Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1443 ditetapkan Sabtu, 9 Juli 2022,” tulis poin pertama dalam surat itu, Jumat (8/7).

Surat yang ditandatangani Bupati Simeulue, Erli Hasyim itu juga, menyebutkan akan menggelar salat Idul Adha yang dipusatkan di masjid dan di lapangan terbuka. Hanya saja, untuk takbir keliling ditiadakan.

Kepala Bagian Prokopim Pemkab Simeulue, Romaidon Darma membenarkan surat tersebut. Ia menyebutkan penetapan Idul Adha di Kabupaten Simeulue berdasarkan masukan dari masyarakat dan para ulama setempat.

“Benar (hari Sabtu peryaan Idul Adha),”

“Ini sesuai masukan dari masyarakat, untuk pelaksanaan kegiatan Idul Adha, jadi kita ambil kesimpulan, bahwa hari Sabtu,” kata Romaidon.

Related posts