UPTD Taman Seni dan Budaya Helat Pertunjukan Sandiwara Aceh 5-6 Agustus 2022

by danirandi

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) akan menghelat Pertunjukan Sandiwara Aceh.

Event yang akan diselenggarakan di Gedung Indoor UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh pada 5-6 Agustus 2022 itu mengangkat judul “Putroe Neng” dan “Ka Pungo Lom”.

Kepala Disbudpar Aceh, Almuniza Kamal menilai, Pertunjukan Sandiwara Aceh mulai jarang dipentaskan akibat kemajuan teknologi.

Oleh sebab itu, melalui UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh, pihaknya akan menggairahkan kembali Pertunjukan Sandiwara Aceh dengan gaya modern dan sentuhan artistik panggung yang menawan.

“Kita sangat membuka ruang bagi para seniman Aceh untuk menampilkan kreativitasnya, baik di bidang teater, drama dan pertujukan seni lainnya,” kata Almuniza di Banda Aceh, Rabu, 3 Agustus 2022.

“Fungsi Taman Budaya Aceh harus mampu menjadi wadah dalam menciptakan ruang berkesenian, merangsang ide-ide dalam pengembangan kreativitas seni budaya, dan sekaligus menjadi etalase yang memenuhi kebutuhan ekspresi itu sendiri,” imbuhnya.

Kepala UPTD Taman Seni dan Budaya Aceh, Azhadi Akbar, menjelaskan, pertujukan drama “Putroe Neng” menceritakan seorang legenda wanita cantik.

“Putroe Neng merupakan pemimpin armada laut yang tidak asing lagi bagi masyarakat Aceh,” kata Azhadi.

Sedangkan pementasan drama “Ka Pungo Lom” merupakan potret kehidupan diri sendiri yang kadang terjebak dalam situasi gamang.

“Pada pementasan ‘Ka Pungo Lom’ memiliki motif potret umum kehidupan masyarakat saat ini,” pungkasnya.

Penasaran dengan kedua Pertunjukan Sandiwara Aceh tersebut, ayo ke Taman Seni dan Budaya Aceh pada 5-6 Agustus mendatang. Pementasan ini akan berlangsung pukul 20.30 WIB.

You may also like