Pj Bupati Abdya Tinjau Pasar Manggeng, Pastikan Harga Sewa Lapak Jualan Murah

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) H Darmansah, S.Pd, MM., meninjau Pasar Rakyat Manggeng, Jum’at (26/8).

Dalam peninjauan itu, Pj Bupati Darmansah ikut didampingi Sekda Abdya, Salman Alfarisi, Asisten Setdakab Musawir, Kadis Perindagkop, Amri, Camat Manggeng, Hamdani, kader HMI, dan para pedagang di pasar setempat.

Pada peninjauan itu Darmansah mendengar langsung keluhan masyarakat setempat, terutama para pedagang yang menyewa kios di pasar milik pemerintah tersebut.

Menurut para pedagang, harga sewa kios di Pasar Rakyat Manggeng sangat mahal, bahkan tidak sebanding dengan hasil penjualan yang mereka dapatkan. Apalagi, kata mereka, kondisi ekonomi masyarakat belum stabil akibat dilanda pandemi Covid-19.

“Untuk kios yang barisan depan, harga sewanya mencapai Rp5 juta lebih per tahun. Kios dibelakang ini juga lumayan mahal sewanya. Kami meminta agar sewa kios ini diringankan, Pak,” ujar salah seorang pedagang kepada Pj Bupati Darmansah.

Pernyataan para pedagang itu juga ikut dibenarkan oleh Camat Manggeng, Hamdani. Menurutnya, kios di Pasar Rakyat Manggeng berjumlah 20 unit. Dari jumlah itu, hanya enam unit yang disewa para pedagang, selebihnya kosong.

Menanggapi keluhan para pedang, Pj Bupati Abdya, Darmansah, berjanji akan menurunkan harga sewa kios-kios tersebut. Bahkan, dirinya langsung mengintruksikan Camat Manggeng agar mengajak para pedang lain untuk mengisi kios-kios itu.

“Untuk sewa kios yang barisan depan ini kita turunkan menjadi Rp3 juta per tahun, dari sebelumnya Rp5 juta lebih. Dan pembayarannya boleh dilakukan dua kali. Sementara kios barisan belakang, itu harga sewanya juga harus disesuaikan, yang penting masyarakat bisa menggunakan kios ini sebagai tempat mereka mencari nafkah. Ini tugas Pak Camat untuk menyampaikan kepada masyarakat, dalam waktu dekat ini, semua kios yang ada di sini harus terisi,” ujar Darmansah.

Pasca pandemi Covid-19, kata Darmansah, semua lapisan masyarakat mendapatkan dampak ekonomi sangat serius. Oleh karenanya, Darmansah menginginkan agar dimasa pemulihan ekonomi ini semua masyarakat dapat terbantu.

“Dengan sewanya turun, pasti pedagang mau sewa kios-kios ini. Apalagi sekarang daya beli juga berkurang. Jadi, saya sampaikan kepada para pedagang, jika ingin menyewa kios-kios ini silahkan menjumpai Pak Camat Manggeng. Pemerintah hadir untuk membantu pak, bukan mencari laba. Namun PAD juga perlu,” kata Darmansah.

Setelah mendengar keluhan para pedagang kios, Darmansah beserta rombongan kemudian melakukan peninjauan pasar sayur yang juga berada dilokasi tersebut. Pasar itu, sudah dua tahun lebih terbengkalai. Bahkan kondisi pasar juga sudah terlihat kotor.

“Dilihat dari tempatnya pasar ini sangat bagus, bahkan jualan sayur di sini sangat cocok, selain memiliki meja permanen, juga memiliki saluran air. Artinya, jualan sayur di sini sangat higienis,” kata Darmansah.

Dia meminta kepada Camat Manggeng agar segera mensosialisasikan kepada pedangan sayur untuk menempati pasar tersebut. Untuk tahun pertama, kata Darmansah, diberikan cuma-cuma tanpa membayar sepeserpun.

“Untuk tahun pertama tidak disewakan, gratis. Pak Camat tolong segera disampaikan kepada warga kita agar menempati pasar ini,” ucap Darmansah.

Karena kondisi pasar yang masih kotor, Darmansah mengajak masyarakat terutama pedagang sayur yang ingin menempati pasar itu untuk sama-sama membersihkan pasar tersebut.

“Saya mengajak kita semua nanti pada tanggal 4 bulan depan sama-sama kita gotong royong membersihkan pasar ini. Pak Camat tolong nanti di data siapa-siapa saja yang akan menempati pasar ini. Kita berharap dalam waktu dekat sudah ada orang-orangnya. Dan sampaikan kepada mereka untuk tahun pertama gratis,”.

Related posts