Luhut Ungkap Realisasi Investasi Pariwisata Tembus Rp5,31 T

Menko Maritim: Seluruh pejabat harus serius persiapkan Sail Sabang 2017
Luhut Binsar Panjaitan. (Sumbawanews.com)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengklaim realisasi investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mencapai Rp5,31 triliun sepanjang 2020 hingga kuartal I 2022.

“Sejauh ini realisasi investasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mencapai Rp5,31 triliun pada 2020 hingga Kuartal I 2022,” ungkapnya dalam acara ‘Investment Forum: 5 Super Priority Tourism Destinations, Jumat (9/9).

Luhut mengatakan pemerintah terus mengembangkan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yakni Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Sulawesi Utara.

Menurutnya, program pemerintah dalam mendorong lima DPST itu tidak hanya sebagai destinasi pariwisata unggulan, tapi juga sebagai destinasi investasi prioritas.

Oleh karenanya, Luhut mengimbau Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia untuk menjaga kepercayaan para investor dan mengawal kemudahan berinvestasi. Namun, ia pun meminta Bahlil tetap memperhatikan lingkungan dan kearifan lokal.

“Lakukan percepatan proses perizinan dan pemberian insentif investasi,” sambung Luhut.

Tidak hanya itu, ia juga meminta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk meningkatkan promosi pariwisata dan menyelenggarakan event secara masif.

Selain itu, ia juga menginstruksikan Sandiaga untuk melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia serta memperkuat tata kelola destinasi.

Begitu juga BUMN dan BUMD, Luhut ingin perangkat negara itu agar mendukung penuh pengembangan lima DPSP. Selain itu, BUMN dan BUMD pun perlu menggandeng masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif, serta menjaga lingkungan tetap kondusif dan menjadi brand ambassador daerahnya. [CNN]

Related posts