OrangHutan Squad Asal Aceh Tampil di Festival Musik Terbesar di Indonesia

Foto: instagram Oranghutan squad.

Jakarta (KANALACEH.COM) – Grup musik asal Aceh, Oranghutan Squad akan tampil di Flavs Festival 2022 yang merupakan festival musik hip-hop soul dan R&B terbesar di Indonesia. Kegiatan itu akan digelar pada 10 hingga 11 September 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

Program Director FLAVS Festival Yacko mengatakan, pendekatan genre musik Hip Hop, Soul, R&B dan musik tradisi Indonesia yang akan direpresentasikan melalui penampilan dari OrangHutan Squad sebagai perwakilan Aceh dan beberapa artis lokal daerah lainnya.

Selain itu, festival itu juga akan di hadiri juga oleh beberapa artis ternama lain nya seperti Afgan, Raisa, Rizky Febian, Andmesh, Saykoji, Iwa K, Marion jola, Kunto aji dll.

Penyelenggaraan secara hybrid itu dimaksudkan agar acara tersebut dapat menjangkau lebih banyak para pegiat dan pecinta Hip Hop, Soul dan R&B yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

Manajer OrangHutan Squad, Wahyudana mengaku bangga karena bisa tampil di panggung festival musik nasional. Dari jadwal, mereka tampil pada pukul 15:45 WIB.

“Ini adalah salah satu harapan OrangHutan Squad bisa tampil di panggung festival musik nasional dengan visi untuk memperlihatkan bagaimana cara anak muda Aceh mengekspresikan karya nya tanpa meninggalkan ke-Acehanya walau dibalut dengan konsep anak muda yaitu mengkolaborasikan musik bergenre Hip Hop,” ujar Wahyudana dalam keterangannya, Sabtu (10/9).

Terkait persiapan, kata dia, pihaknya sudah mempersiapkan jauh hari, baik itu fisiki maupun mental untuk bisa perform dengan maksimal.

“Persiapan teman-teman InshaAllah sudah cukup matang. Bukan hanya secara fisik tapi juga mental, supaya bisa perform sebaik mungkin dan juga dapat meninpirasi banyak anak muda aceh untuk lebih semangat lagi berkarya. karena kalau tidak kita yang lestarikam budaya dan adat siapa lagi?,” ujarnya.

OrangHutan Squad terbentuk pada tanggal 5 Mei 2015, dengan berkomitmen untuk menjaga adat, budaya dan bahasa Aceh melalui musik. Nuansa budaya Aceh selalu disuguhkan dalam setiap karyanya selama ini yang dikemas dalam musik tradisional dan modern dalam musik bergenre Hip Hop.

Salah satu single andalannya yang berjudul “Meusyeuhu” di ambil dari Bahasa Aceh yang berarti tersohor untuk mengenang jasa para tokoh dan pahlawan yang ada di Aceh.

Didalam karya “Meusyeuhu” ini, OrangHutan Squad mengangkat tokoh dan pahlawan yang ada di Aceh yakni Teuku Cut Ali, Shaikh Abdurrauf As-Singkili, Panglimo Rajo Lelo Syekh Burhanuddin Ulakkan, Malik Ibrahim, Aman Dimot, Tengku Banurullah, Tengku Di Ujung, Panglime Linting, Raja Mude Sedie, Raja Pucook Sulooh dan Sultan Iskandar Muda.

Lirik lagu “Meusyeuhu” ini terdapat 12 bahasa yang 11 diantaranya adalah bahasa daerah Aceh yaitu, Bahasa Aceh, Bahasa Singkil, Bahasa Kluet, Bahasa Aneuk Jamee, Bahasa Alas, Bahasa Gayo, Bahasa Simeulue Devayan, Bahasa Simeulue Sigulai, Bahasa Gayo Lues, Bahasa Tamiang Hulu, Bahasa Tamiang Hilir dan Bahasa Indonesia.

Related posts