Pantau Penyaluran BLT BBM di Banda Aceh, Mensos Risma: Jangan Dibelikan Untuk Rokok

Pantau Penyaluran BLT BBM di Banda Aceh. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Menteri Sosial Tri Rismaharini memantau penyaluran BLT BBM di kantor Pos Indonesia di Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Rabu (14/9). Kedatangannya untuk memastikan penyaluran itu berjalan lancar.

Risma mengatakan, bantuan yang diberikan itu untuk merespons naiknya harga BBM, agar warga penerima manfaat bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Kemudian ia meminta  warga tidak menggunakan BLT BBM itu untuk membeli rokok.

“Ya saya berharap ini digunakan untuk mensupport kenaikan harga-harga bukan untuk rokok loh ya, yang jelas untuk kebutuhan pokok agar tidak kekurangan gizi,” kata Risma.

Untuk tahap pertama, Risma memastikan semua akan kelar dibagikan hingga akhir September ini. Saat ini dari 461 kabupaten/kota se Indonesia progresnya sudah mencapai 40 persen per hari ini yang mencakup 8,1 juta penerima.

Ia menargetkan pekan depan sudah mencakup 90 persen atau 20,65 juta penerima BLT BBM. Hal itu juga didukung oleh kesiapan pihak kantor Pos dalam menyalurkan bantuan tersebut.

“Kalau lihat ini kayaknya akhir bulan ini kelar, Indonesia sudah 90 persen. Kalau lewat PT Pos kami cepat sekali, dia menerima langsung, jadi gak ada yang motong-motong,” katanya.

Kemensos menyalurkan BLT BBM sejak akhir Agustus lalu. Penyaluran bansos via PT Pos Indonesia (Persero) itu dilakukan dalam dua tahap. Total BLT BBM mencapai Rp600 ribu per orang dan dibayarkan pada tahap pertama September ini sebesar Rp300 ribu. Sedangkan, Rp300 ribu sisanya dibayarkan pada Desember 2022 mendatang.

Related posts