Telaga Art Wadahi Pelaku Seni dalam Aksi Teater Monolog di Taman Budaya Aceh

(telagaart)


Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Lembaga seni yang konsen pada seni pertunjukan di Banda Aceh, Telaga Art akan menggelar teater monolog yang bertajuk ‘panggung monolog 1/3’ di Taman Seni dan Budaya Aceh, pada Senin malam 3 Oktober 2022.

Koordinator Telaga Art, T Zulfajri menyampaikan, panggung monolog 1/3 merupakan sebuah ajang untuk mengeksplore bakat aktor-aktor yang ada di Aceh. Pihaknya percaya Aceh memiliki banyak aktor berbakat yang perlu diberikan ruang untuk mereka menuangkan ekspresi artistiknya.

“Kita juga tidak kekuarangan sutradara-sutradara yang mampu bersaing untuk unjuk gagasan dan konsep garapan yang menarik. Namun, keterbatasan ruang dan kesempatan bagi mereka menjadi ancaman nyata bagi keberlanjutan dan perkembangan seni teater di Aceh,” kata Zulfajri dalam keterangannya, Selasa, 27 September 2022.

Oleh karena itu, kata dia, Telaga Art berusaha menciptakan ruang bagi mereka untuk unjuk karya. Pada kesempatan ini Telaga Art menggandeng Teater Rongsokan dalam mewujudkan wacana besar tersebut.

Pertunjukan ini akan menampilkan 3 aktor yang masing-masing akan di sutradarai oleh 3 sutradara untuk menggarap sebuah naskah yang berjudul ‘Sebelum Sarapan’ karya Eugene O’neill yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia oleh Wiwit Anggraini.

Satu naskah tersebut akan dipentaskan oleh 3 oarng aktor secara terpisah dengan gaya dan bentuk yang bebeda sesuai dengan konsep dari sutradara masing-masing.

“Kita akan menyaksikan perbedaan, keunikan, ketegangan, dan sedikit satir yang akan mengantarkan imajinasi penonton pada pengalaman artistik yang begitu erat hubungannya dengan kehidupan sosial masing-masing,” ucapnya.

Ia berharap masyarakat bisa menyaksikan pertujukan panggung monolog 1/3 yang akan digelar di Taman Seni dan Budaya pada Senin, 3 Oktober mendatang.

Related posts