Disbudpar Aceh Gelar Budaya Negeri Seribu Bukit di Taman Budaya

Disbudpar Aceh Gelar Budaya Negeri Seribu Bukit di Taman Budaya. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbubpar) Aceh melalui bidang Bahasa dan Seni menggelar Budaya Negeri Seribu Bukit di Taman Budaya Kota Banda Aceh, Rabu, 12 Oktober 2022.

Kegiatan yang bertajuk “Rempak, Murum, Musatu Urum Budaya” dibuka langsung Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Almuniza Kamal

“Alhamdulillah di kesempatan yang berbahagia ini merupakan sebuah penghormatan bagi kita semua dapat menyaksikan kegiatan festival Saman antar mahasiswa dari Gayo Lues,” ungkap Almuniza.

Menurut Almuniza, sejarah tari Saman dibawa oleh salah satu ulama besar Islam yaitu Syekh Saman, dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Aceh karena beliau melestarikan dalam bentuk pertemuan berupa mensyiarkan Islam.

”Penerus bangsa tentu harus bangga dengan kebudayaan yang hari ini kita tampilkan dalam bentuk festival, saya menitipkan pesan kepada mahasiswa tetap berlatih dan menggali potensi yang ada, baik dalam personal diri maupun berkelompok,” jelas Almuniza.

Dengan adanya kegiatan ini, Almuniza juga berharap dapat memajukan pariwisata daerah Aceh, dan tentunya akan menjadi komitmen dari pemerintah daerah Gayo Lues.

“Tari Saman merupakan tarian yang mengikat silahturahmi. Berkumpulnya kita pada hari ini karena semangat yang tinggi, semoga kekompakan yang ditampilkan pada tari Saman, dapat dijadikan contoh dalam keseharian masyarakat Aceh dalam meningkatkan solidaritas, baik berpolitik, berbudaya, dan perekonomian,” tutup Almuniza.

Related posts