RSUD Langsa Tangani 138 Kasus HIV/AIDS

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Langsa, dr. Indriany Eka Putri. (Kanal Aceh/Rahmadani)

Langsa (KANALACEH.COM) – Sebanyak 138 pasien kasus Human Immunodeficiency Virus/Acquired immunodeficiency Syndrome (HIV/AIDS) ditangani oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langsa.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Langsa, dr. Indriany Eka Putri mengatakan, saat ini 138 pasien HIV/AIDS di RSUD Langsa dalam pengobatan. Dari jumlah tersebut kebanyakan laki-laki dan warga Langsa sekitar 20 persennya.

“Jumlah pasien HIV/AIDS terus bertambah dari tahun sebelumnya dikarenakan skrining yang berjalan jauh lebih baik,” katanya.

Kemudian, program pemerintah mengharuskan pelaksanaan skrining HIV bagi ibu hamil, pasien TBC dan pasien infeksi menular seksual (IMS).

Baca: 20 Anak di Aceh Meninggal Dunia Akibat Gangguan Ginjal Akut

Lanjutnya, kesadaran dan pengetahuan masyarakat juga berpengaruh terhadap stigma yang ada, serta perlakuan yang baik dari tenaga kesehatan terhadap penderita, melindungi privasinya dan penanganan sesuai standar yang ditetapkan juga sangat mempengaruhi.

HIV/AIDS saat ini seperti fenomena gunung es, puncaknya nampak lebih kecil dari dasarnya. Angka yang ada menggambarkan kondisi yang sesungguhnya, jauh lebih banyak jumlahnya.

Dijelaskan dr Indri, HIV/AIDS harus mendapat perhatian serius dari semua pihak, agar penderita ini tidak dikucilkan.

RSUD Langsa sudah memiliki klinik voluntary counselling and testing (VCT) / layanan konseling dan test yang akan membantu bagi yang ingin melakukan pemeriksaan atau konseling terkait HIV/AIDS.

“Kita punya tenaga kesehatan yang sudah terlatih yang siap membantu masyarakat yang memerlukan,”

“Mari sama- sama kita peduli HIV AIDS, berperilaku hidup sehat, tidak berganti- ganti pasangan, dan melakukan konsultasi serta pemeriksaan di fasilitas kesehatan jika dibutuhkan,” katanya.

Related posts