Jelang Ekspor Cangkang Sawit ke Jepang, Pj Gubernur Pantau Kondisi Kuala Langsa

Pelabuhan Kuala Langsa. (Dok. Dishub Aceh)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki akan melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Kuala Langsa untuk melihat kondisi kawasan itu jelang pengerukan.

Juru Bicara Pemerintah Aceh, Muhammad MTA mengatakan, peninjauan yang dilakukan Pj Gubernur ini menindaklanjuti dari pertemuan dengan Menteri Perhubungan pada Agustus lalu untuk memanfaatkan potensi lokasi tersebut untuk perekonomian masyarakat.

Menurut MTA, Pemko Langsa berencana melakukan ekspor komoditas ikan melalui Pelabuhan Kuala Langsa. Namun terkendala terjadinya sindimentasi di alur kuala.

Sehingga mengakibatkan terbatasnya ukuran kapal masuk untuk kegiatan tersebut dan hanya dapat dilakukan dengan kapal ukuran kecil. Apalagi, kata dia dalam waktu dekat di Kuala Langsa akan dilakukan ekspor cangkang kelapa sawit ke Jepang.

“Dalam waktu dekat Kuala Langsa juga akan ekspor cangkang kelapa sawit ke Jepang. Atas permasalahan tersebut, pada pertemuan Gubernur dengan Menteri, salah satu hal yang disampaikan adalah perihal ini,” kata MTA dalam keterangannya, Sabtu (22/10).

Persoalan tersebut, kata dia saat Pj Gubernur mengadakan pertemuan dengan Menhub pada Agustus lalu. Setelah itu, pada 6 September 2002 Menhub menyurati Pelindo dengan nomor surat: AL.304/4/21.PHB.2022 tentang dukungan pengerukan alur di Pelabuhan Langsa.

“Surat itu juga langsung ditandatangani oleh Menteri Budi Karya Sumadi,” katanya.

Related posts