Lewat AGASID, Investor Berencana Bangun Pabrik Migor dan Gula di Aceh

Aceh Gayo Sustainable Investment Dialogue. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Penyelenggaraan Business Matching yang merupakan bagian dari agenda Aceh Gayo Sustainable Investment Dialogue (AGASID) 2022 yang berlangsung di Banda Aceh pada 30 Oktober 2022, berhasil menyepakati rencana investasi sebesar Rp168,6 miliar.

“Alhamdulillah pada hari pertama pelaksanaan Business Matching AGASID 2022 di Banda Aceh telah ada MOU dengan sejumlah perusahaan yang berkomitmen untuk berinvestasi di Aceh,” kata Plh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Marzuki dalam keterangannya, Senin (31/10).

Ia menjelaskan, kegiatan pertemuan bisnis tersebut merupakan salah satu upaya memberikan kesempatan kepada investor untuk berinvestasi pada berbagai sektor ekonomi yang ada di seluruh kabupaten/kota di Aceh.

AGASID juga bagian dari dukungan penuh pemerintah dan kepala daerah di Aceh serta segenap jajaran dalam menyukseskan realisasi investasi serta mewujudkan Aceh, sebagai tujuan destinasi investasi yang ramah dan nyaman dengan memfasilitasi debottlenecking investasi.

Ada pun total investasi sementara tersebut masing-masing berasal dari Yayasan Pintu Aceh yang berencana investasi di Kabupaten Nagan Raya dalam pembangunan pabrik minyak goreng di Nagan Raya dengan total investasi Rp111 miliar.

Selanjutnya Nusantara Group yang berencana investasi di Aceh Tengah dalam pembangunan pabrik gula pasir dengan total investasi Rp16 miliar dan PT. Haltraco Sarana mulia dengan CV. Jada Perkasa, yang berinvestasi pada proyek pemprosesan Palm kernel Charcoal total investasi Rp21,6 miliar.

Kemudian Fuadi Alim dan Widiyanto Saputro, dengan rencana investasi pada sektor waste treatment facility dengan total investasi Rp10 milyar dan Jada Persada dan Pemerintah Nagan Raya dalam proyek joint Production palm kernel charcoal, dengan total investasi Rp10 miliar.

Ia mengatakan dalam kegiatan tersebut ada empat sektor utama investasi yang ditawarkan yakni Agroindustri, Pariwisata dan Kesehatan, Energi dan Mineral, dan Kawasan  Ekonomi terbuka untuk investasi khususnya industri pengolahan & industri halal.

Ia menambahkan pertemuan bisnis perlu menjadi kegiatan rutin baik di Aceh maupun luar Aceh sehingga dapat menjadi motor penggerak dalam menjaring investasi nasional dan asing yang menghasilkan kesepakatan kerja sama bisnis yang real.

Ia juga mengatakan JAPNAS dan Bank Indonesia  perwakilan Aceh  berperan penting dalam memfasilitasi kegiatan bisnis yang berkelanjutan.

Related posts