166 Produk Unggulan Aceh Dipamerkan di UMKM Expo 2022 di Blang Padang

166 Produk Unggulan Aceh Dipamerkan di UMKM Expo 2022 di Blang Padang. (IST)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sebanyak 166 produk siap dipamerkan pada ajang UMKM Expo 2022 yang diselenggarakan pada 1-5 November di Lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh. Produk-produk yang ditampilkan merupakan UMKM Aceh unggulan, di antaranya fesyen, kuliner, kraft, dan lain-lain.

Kepala Dinas Koperasi Usahan Kecil dan Menengah (Kadiskop UKM) Aceh, Azhari  menyampaikan, pihaknya terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kreativitas UMKM demi kemajuan ekonomi Aceh.

“UMKM merupakan salah satu pilar utama memajukan perekonomian masyarakat Aceh. Untuk itu, kita terus berupaya semaksimal mungkin memfasilitasi dan mendukung pertumbuhan UMKM di Aceh, mulai dari penguatan SDM, bantuan peralatan, mempromosikannya, hingga pemasaran produk UMKM,” kata Azhari di Banda Aceh, Senin (31/10).

Menurutnya, UMKM Expo menjadi sebuah wahana promosi produk UMKM masyarakat Aceh agar dikenal luas masyarakat. Kemudian, interaksi ekonomi dalam expo semacam ini akan menjadi ruang proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat.

“Ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, salah satunya adalah peran UMKM. Oleh karena itu, Pemerintah Aceh terus berupaya meningkatkan pemasaran produk UMKM Aceh dengan menghadirkan mereka ke setiap pameran baik di tingkat daerah hingga nasional,” sebutnya.

Azhari mengatakan, upaya mereka menghadirkan UMKM Aceh ke berbagai kesempatan itu tidak lain hanya untuk mendorong produk dari masyarakat Aceh agar eksis, sehingga nantinya memudahkan mereka dalam menjual produk masing-masing.

“Masyarakat pun harus ikut mendukung UMKM lokal, caranya dengan mencintai, bangga, dan menggunakan produk dalam negeri,” imbuhnya.

Ia berharap, kegiatan ini dapat menjadi momentum bagi para pelaku usaha, terutama UMKM Aceh untuk terus meningkatkan kualitas produknya agar dapat bersaing di pasaran.

“Kami terus berupaya mendukung pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan senantiasa membuka akses dan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para pelaku usaha yang ingin berkreasi dan berkembang,” pungkasnya.

Sebagai informasi, UMKM Expo 2022 dikemas dalam bentuk bazar UMKM, penampilan seni dan talkshow dengan beberapa tokoh/influencer Aceh, membahas isu-isu ekonomi dan sosial masyarakat, khususnya anak muda Aceh.

Related posts