7 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Hp Xiaomi

Ilustrasi. (ist)

(KANALACEH.COM) – Memori internal yang penuh dapat memengaruhi performa handphone (Hp) Xiaomi. Cara mengatasi memori internal penuhi di Hp Xioami pun banyak dicari para pengguna ponsel asal China ini.

Xiaomi sendiri sebenarnya menyediakan penyimpanan yang cukup besar pada sebagian besar produknya. Namun, banyak penggunanya kerap mengeluhkan penyimpanan internal hpn-nya penuh.

Penyimpanan internal yang penuh tentunya dapat membuat kinerja perangkat menjadi terganggu. Namun tenang saja, sebab ada cara mengatasi hal tersebut.

Simak cara mengatasi memori internal penuh di Hp Xiaomi yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ini.

1. Bersihkan cache

Merujuk laman Gadgetstouse, cache yang menumpuk dapat menghabiskan ruang dan memerlukan pembersihan manual. Oleh sebab itu, cobalah untuk membersihkan file cache pada ponsel Xiaomi.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi pembersih bawaan Hp Xiaomi yang dapat membersihkan semua file sampah dan file sementara lainnya secara mudah dan cepat. Anda dapat melakukan pembersihan cache secara rutin agar tidak menumpuk.

2. Hapus aplikasi atau game

Aplikasi atau game berbasis online umumnya memakan banyak penyimpanan internal. Selain ukuran aplikasi yang besar, data-data yang terdapat di dalamnya pun akan memenuhi penyimpanan.

Belum lagi apabila pihak pengembang melakukan update secara berkala yang dapat menambah beban di memori internal.

3. Hapus data di kamera

Data-data di kamera kerap menumpuk dan memenuhi memori. Padahal mungkin beberapa di antaranya sudah tidak dibutuhkan lagi.

Oleh sebab itu, lakukan pengecekan data-data di kamera secara berkala. Kemudian Anda dapat menghapus foto atau video yang sudah tidak diperlukan.

Namun jika banyak foto atau video yang masih ingin Anda simpan, Anda dapat memindahkannya ke laptop atau komputer, atau penyimpanan daring lainnya.

4. Bersihkan data media WhatsApp

Tanpa disadari data media di WhatsApp dapat menumpuk dan memenuhi memori internal Hp Xiaomi. Untuk mengatasinya, Anda dapat menghapus data-data tersebut.

Data-data media di WhatsApp sendiri cukup beragam, seperti images, audio, video, hingga document. Anda dapat mengecekya di folder WhatsApp dan menghapus data yang sudah tidak diperlukan lagi.

5. Matikan unduhan otomatis WhatsApp

Unduhan otomatis WhatsApp juga dapat menumpuk dan membuat memori internal penuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa mematikan unduhan otomatis di WhatsApp.

Caranya dengan membuka aplikasi WhatsApp, lalu pilih ikon tiga titik yang terdapat di bagian atas. Kemudian pilih Setelan dan ‘Penyimpanan dan data’.

Pada fitur ‘Saat menggunakan data seluler’, hilangkan centang pada foto, audio, video, dan dokumen. Lakukan hal yang sama pada fitur ‘Saat terhubung ke Wi-Fi’.

6. Reset Hp Xiaomi

Cara lainnya adalah dengan melakukan reset Hp Xiaomi ke setelan awal atau disebut dengan istilah pabrikan. Namun cara ini akan menghapus seluruh aplikasi dan data di Hp secara permanen.

Apabila ingin menggunakan cara ini, sebaiknya pindahkan terlebih dahulu data-data penting Anda ke komputer atau layanan penyimpanan lainnya.

7. Gunakan kartu memori eksternal

Cara mengatasi memori internal penuh di Hp Xiaomi selanjutnya adalah dengan menggunakan kartu memori eksternal. Dengan tambahan memori eksternal, pengguna dapat menyimpan beberapa file berukuran besar. [CNN]

Related posts