Kunjungan Wisman ke Aceh Mulai Meningkat

Sejumlah wisatawan kapal pesiar MV Costa Victoria mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh, Senin (27/11). Sebanyak 980 wisatawan muslim dari sejumlah negara seperti dari Malaysia, Singapura, Amerika, Australia, Thailand itu mengunjungi sejumlah objek wisata sejarah dan situs tsunami sebelum kembali ke Singapura pada Selasa (28/11). ANTARA FOTO/Ampelsa/aww/17.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) –  Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Aceh mengalami peningkatan drastic selama 2022. Hal tersebut menjadikan presentase penumpang baik udara mau pun laut ikut meningkat.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, wisatawan mancanegara yang masuk ke Provinsi Aceh sejak bulan September – November 2022 mengalami peningkatan drastic.

Pada September 2022, tidak ada kunjunga wisman ke Aceh. Lalu di bulan Oktober terjadi lonjakan mencapai 266 orang dan di November naik lagi sebanyak 457 orang. Secara total dari Januari – November kunjungan wisman ke Aceh mencapai 776 orang.

Peningkatan ini ditenggarai karena terbukanya akses penerbangan internasional dari Aceh – Kuala Lumpur, Malaysia.

“Pada Bulan November 2022 ada 457 wisatawan mancanegara mengunjungi Aceh. Sementara Tingkat Penghunian Kamar hotel bintang berada pada angka 35,36 persen dan hotel non bintang sebesar 23,14 persen,” kata kepala BPS Aceh Ahmadriswan Nasution dalam keterangannya, Selasa (3/1).

Kemudian, penumpang penerbangan internasioanl pada bulan November 2022 juga melonjak hingga 5.138 penumpang.

Related posts