Puluhan Anggota Badan Ad Hoc PPK Abdya Dilantik

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Puluhan anggota Badan Ad Hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menjalani pengambilan sumpah dan pelantikan. Kegiatan itu berlangsung di Aula Arena Motel Blangpidie, Rabu (4/1/2023).

Penjabat (Pj) Bupati Abdya, Darmansyah, S.Pd, MM mengatakan, PPK merupakan lembaga independen sehingga diharapkan agar para PPK dapat berlaku sportif dalam pelaksanaan Pemilu yang akan diselenggarakan pada tahun 2024 nanti.

“Akan banyak godaan dalam menyukseskan pemilihan umum. Ada pihak-pihak tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan momen untuk memberikan amplop atau upeti, namun jangan mudah tergoda dengan godaan itu,” ujar Darmansyah.

Ia berharap, agar anggota PPK Abdya bisa bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan oleh panitia pemilu.

Hal itu, tutur Pj Bupati Abdya, untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecurangan pemilu dan sebagainya, sehingga akan berdampak pada pelaksanaan pesta demokrasi yang tidak demokratis.

Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya juga telah berupaya melaksanakan kiat-kiat penyuksesan pemilu, salah satunya dengan mendefinitifkan para pejabat daerah hingga pejabat tingkat bawah yaitu desa.

“Kepala dinas, camat, kepala desa (kades/keuchik) tidak ada yang Plt atau Pj lagi, semua sudah definitif. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya krasak krusuk ketika akan berlangsungnya pemilu nanti,” kata Pj Bupati Abdya.

Kepada para camat dari Kecamatan Babahrot hingga Kecamatan Lembah Sabil, Darmansyah berpesan agar dapat bekerjasama dengan anggota PPK. Sehingga nantinya dapat secara bersama-sama ikut menyukseksa pelaksanaan pesta demokrasi.

“Para anggota PPK yang telah dilantik ini akan melaksanakan tugas dan bekerja di lingkungan kantor camat sekitar satu tahun delapan bulan. Oleh sebab itu, peran kerjasama dalam hal ini sangat dibutuhkan,” sampai Darmansyah.

Diakhir sambutannya, Darmansyah yang dilantik menjadi Pj Bupati Abdya pada Senin (15/8/2022) lalu itu juga turut mengucapkan selamat atas pelantikan anggota PPK Abdya, diharapkan agar PPK bisa menjadi garda terdepan dalam menyukseskan Pemilu 2024 nanti.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Tarmizi Daod Tarmizi Daod menjelaskan, sebelumnya para anggota PPK yang dilantik tersebut telah mengikuti beberapa tahap pengujian yang dilakukan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya,

“Baik tes tulis berbasis Computer Assisted Test (CAT) maupun tes wawancara telah diikuti oleh anggota PPK yang dilantik ini. Mereka dinyatakan lulus dan mampu, makanya kita melantik mereka secara resmi hari ini,” tutur Tarmizi.

Bagi yang dinyatakan lulus, tambah Tarmizi, mereka dilantik, mengambil sumpah/janji, dan penandatanganan fakta integeritas anggota PPK. Dari puluhan anggota, mereka akan ditempat pada sembilan kecamatan sesuai wilayah domisili masing-masing para anggota PPK.

“Semuanya berjumlah 45 orang, masing-masing kecamatan ditetapkan sebanyak lima orang. Mereka akan menjadi panitia yang akan menyukseskan pemilu di tingkat kecamatan,” jelasnya.

Anggota KIP Abdya itu menjelaskan, penetapan anggota PPS tersebut berdasarkan pleno KIP Abdya Nomor 135/PP.04-BA/1112/2022 tanggal 15 Desember 2022 tentang rapat pleno penetapan hasil seleksi calon anggota PPK.

“Kita telah melaksanakan tahapan pembentukan PPK sejak tanggal 20 November sampai dengan 13 Desember 2022 lalu. Mereka yang mendapat peringkat satu sampai lima ditetapkan menjadi anggota PPK, sedangkan peringkat enam sampai 10 sebagai Calon Pengganti Antar Waktu Anggota PPK,” kata Tarmizi.(*)

Related posts