Susi Air Buka Rute Penerbangan Aceh Selatan-Banda Aceh

Susi Air Buka Rute Penerbangan Aceh Selatan-Banda Aceh. (ist)

Aceh Selatan (KANALACEH.COM) – Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran meresmikan penerbangan perdana subsidi angkutan udara perintis rute Tapaktuan-Banda Aceh dan Banda Aceh-Tapaktuan oleh maskapai Susi Air, di Bandara T Cut Ali, Desa Teupin Gajah, Kecamatan Pasie Raja, Aceh Selatan, Kamis (12/1).

Kegiatan peresmian perdana penerbangan juga sekaligus pelepasan keberangkatan rute Tapaktuan-Banda Aceh.

Adapun pilot untuk penerbangan tersebut adalah Capt Gabby Bima serta Co-Pilot Capt Martin dan jumlah penumpang pada penerbangan perdana ini yaitu 4 orang diantaranya Kadis Perhubungan Filda Yulisbar.

Bupati Aceh Selatan Tgk Amran mengatakana, hari ini perdana pesawat perintis Susi Air rute Banda Aceh-Tapaktuan di Bandara T Cut Ali ini, ini juga merupakan upaya serta doa kita bersama hari ini sudah terwujud, bahwa saat ini kita laksanakan penerbangan perdana.

“Momen ini juga penyambutan bapak Kapolres Aceh Selatan beserta ibu yang baru tiba dari Banda Aceh menggunakan layanan penerbangan perintis ini,” katanya.

Keputusan ini dimulai ditahun 2021, berkat dukungan dari Kepala Bandara Dodiek Setyono yang sangat luar biasa dan juga Dirjen Perhubungan, Direktur dan Menteri yang saat itu dalam masa pandemi cobid-19.

Ia berpesan kepada semua SKPK, jika nantinya ada tugas-tugas ke Banda Aceh segera bisa menggunakan rute bandara ini dan untuk bisa majukan daerah Aceh Selatan.

“Untuk memajukan bandara ini perlu dukungan dari semua pihak juga investor dari luar, disaat investasi sudah datang ke daerah ini, pasti ada tamu-tamu yang datang ke Kabupaten Aceh Selatan,” tutur Bupati.

Kepala Bandara T Cut Ali, Dodiek Setyono ST mengatakan, karena ini merupakan angkutan perintis dan bersubsidi dibiayai oleh APBN, supaya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat Aceh Selatan, sehingga masyarakat Aceh Selatan bisa semakin berkembang dan semakin maju.

Ia berharap supaya penumpang yang menggunakan jasa penerbangan bisa terus naik dan penerbangan perintis tersebut bisa bertahan.

“Standar pengamanan bandara merupakan suatu kewajiban yang wajib kita lakukan. Untuk itu semua dapat segera terealisasikan, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Aceh Selatan,” kata Dodiek Setyono.

Kegiatan peresmian penerbangan turut dihadiri Forkopimda Aceh Selatan, Kepala Bandara T Cut Ali beserta jajarannya, Asisten Setdakab, Staf Ahli Kepala Daerah, Kepala Bappeda, Kepala BPKD,

Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Kominfo Sandi, Kabag Ekonomi Setdakab.

Lalu, Kabag Pembangunan Setdakab, Camat Pasie Raja, Keuchik Teupin Gajah, Para Muspika kecamatan Pasie Raja, dan undangan lainnya. []

Related posts