PJ Bupati Abdya Darmansah Tanam Cabai Perdana Upaya Kendalikan Inflasi

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM ) Penjabat bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Darmansah melakukan penanaman perdana cabai bersama dengan kelompok tani di Desa Pasar Kota Bahagia, kecamatan Kuala Batee. Rabu (25/01)

Pogram itu dalam rangka gerakan menanam cabe pengendalian inflasi di kabupaten Abdya tahun 2023.

Darmansah mengatakan, untuk anggota kelompok tani agar tetap memiliki komitmen yang besar dalam merawat tanaman cabai serta memberi pupuk, dan membersihkannya. Sehingga lanjutnya, ketika dipanen hasilnya banyak dan maksimal.

Hal itu, sebutnya supaya menghindari kekurangan cabai di pasar dan menghindari terjadinya inflasi.

“Jadi semua kelompok harus kerjasama dengan baik untuk memperoleh hasil panen yang berlimpah”. Katanya

Dia juga menyebutkan, aktivitas petani dalam mengembangkan pengolahan lahan cabai sangat membantu pemerintah untuk menghindari terjadinya inflasi. Dengan banyaknya kelompok tani yang menanam cabai, maka kebutuhan cabai di pasar dapat terpenuhi.

Sementara itu kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Drh. Nasruddin mengatakan, luas lahan yang ditanam itu adalah 6 hektare dengan menggunakan anggaran APBK tahun 2023.

” Enam kecamatan yang dibantu yaitu Kuala Bate tiga Hektare, Jeumpa 1, Susoh 1 dan Blangpidie 1 h”. Sebutnya

Dirinya juga menuturkan, keterlibatan petani dalam berkontribusi pengendalian inflasi cabai sangat strategis karena mereka adalah pelaku utama dalam pembangunan sektor pertanian.

Usai tanam, pemerintah juga memberikan bantuan pupuk, pestisida, bibit dan juga mulsa.(*)

Related posts