Dinas Pertanian dan Pangan Gelar Lomba Cipta Menu B2SA Berbahan Dasar Ikan

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten.

Lewat ajang ini, masyarakat bisa saling adu kreativitas dalam pembuatan produk olahan pangan serba ikan. hal itu bertujuan untuk generasi tangguh dan unggul menuju generasi bebas stunting.

Selain untuk menggali kreativitas, lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan serta dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Abdya ini juga dilakukan untuk mendorong masyarakat agar dapat menggali keberagaman potensi.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Darmansah, S. Pd,. MM kreasi makanan jika lihat luar biasa bagus, tidak hanya cara penyajiannya saja, dilihat dari komposisinya juga terdapat nilai B2SA didalamnya yang mana tingkat gizinya ini juga seimbang dan aman.

” Ini sudah bagus saat melihat hasil olahan pangan para peserta.
Ia berharap, para peserta lomba tidak berhenti berkreasi, tetapi juga mereka bisa mempraktekkan kembali di rumah untuk menyajikan menu-menu yang berbeda kepada keluarga dan bisa menjadi alternatif membuat usaha keluarga”. Katanya

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Lanjutnya, dan ini bagian dari kampanye kita untuk menggugah hati masyarakat.

Selain itu, tambahnya, kegiatan lomba ini juga memiliki arti penting dalam meningkatkan peran serta Tim Penggerak PKK, agar bisa lebih kreatif menciptakan menu berbahan dasar ikan yang asupan gizi dan proteinnya sangat berguna bagi kesehatan semua anggota keluarga, terutama bagi anak-anak dan ibu hamil.

“Makanan yang kita konsumsi setiap hari menyediakan bahan baku dan energi untuk pergerakan sistem didalam tubuh yang sangat kompleks bagi pertumbuhan, perbaikan, dan regenerasi sel-sel setiap saat. Oleh karena itu, agar tetap sehat, kita perlu mengkonsumsi berbagai macam makanan yang bergizi seimbang dan aman bagi tubuh,” jelas Darmansah.

Lomba ini, sebut Darmansah, juga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk di promosikan kepada masyarakat. Hal itu sesuai dengan tema yang diangkat yaitu, “Ikan untuk Generasi Tangguh dan Unggul Menuju Generasi Bebas Stunting”.

Terlebih, tambah Darmansah, selama ini citra makanan alami dan sehat seolah tenggelam dan kalah bersaing dengan makanan modern dan cepat saji (Fast Foods) yang belum tentu sehat.

“Untuk itu, dengan terlaksananya kegiatan ini kita berharap, makanan alami dan sehat yang beragam, bergizi seimbang dan aman serta bercita rasa lezat dapat kita galakkan kembali,”.(*)

Related posts