Masyarakat Gampong Ie Mameh Abdya Terima Bantuan Sapi Dari Dana Desa

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Pemerintah Gampong Ie Mameh, kecamatan Kuala Bate, Aceh Barat Daya (Abdya) kembali menyalurkan bantuan sapi kepada masyarakat di Gampong itu.

Sebanyak 7 ekor di peruntukan untuk pemberdayaan perempuan dengan menggunakan dana desa tahun 2018 pogram berkelanjutan. Senin (27-02-2023)

” Ini adalah sisa dulu yang belum dapat bagian dan ini nantinya kita buat sistim peralihan”. Kata Keuchik Gampong Ie Mameh Zulhelmi

Didesa Ie mameh menurutnya pogram ini sangat cocok untuk memelihara sapi karna sebagian wulayahnya perkebunan dan pertanian.

Penyaluran bantuan sapi kepada masyarakat jenis sapi itu menurutnya, merupakan salah satu program yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan swasembada daging di daerah yang sekaligus memberi dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat..

” Penyaluran bantuan sapi dengan pola hibah bergulir tersebut diharapkan juga menjadi stimulant bagi masyarakat agar dapat kesempatan yang sama untuk mengembangkan induk sapi secara bergantian.

Dengan sistem ini, masyarakat diminta wajib mengembalikan seekor anakan sapi yang telah dilahirkan dari induk sebelumnya. Anakan sapi tersebut selanjutnya diperuntukan masyaraka yang lain yang belum mendapatkan bantuan agar mereka juga dapat kesempatan yang sama untuk mengembangakan budidaya sapi bantuan dari pemerintah desa.

Cara ini berlangsung  secara terus-menerus. Masing-masing akhirnya dapat kesempatan mengembangkan ternak sapi dari hasil bantuan pemerintah desa tanpa harus menghilangkan atau memutus mata rantai induk yang diterima sebelumnya.(*)

Related posts