Prof Marwan Dilantik jadi Ketua PII Aceh, Ilham Akbar Wakil

(IST)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sekjen Persatuan Insyinyur Indonesia (PII), Bambang Goeritno Pusat melantik Prof Marwan sebagai ketua wilayah PII Aceh beserta pengurus lainnya di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Minggu (12/03/2023).

Dalam arahannya, Bambang Goeritno meminta kepada pengurus wilayah untuk mendata keberadaan insinyur di Provinsi Aceh dengan membuat rencana kerja yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

“Amanah Undang-Undang tahun 2014 tentang keinsinyuran untuk membantu dan mendorong supaya tidak ada yang melanggar dan melakukan pelanggaran dalam bekerja. Kami memberikan perlindungan hukum bagi yang melakukan praktek keinsinyuran,” kata Bambang.

Bambang mengatakan, ia juga sudah melakukan pertemuan dengan anggota DPRA, Ilham Akbar yang jadi Wakil Ketua PII Aceh. Untuk membicarakan kepengurusan ke depan.

Ia meminta kepada pengurus untuk membentuk cabang insinyur di kabupaten/kota. Saat ini baru ada 8 cabang terbentuk, setiap tahun akan dibentuk 5 cabang, pada tahun ketiga akan dibentuk 15 cabang.

Sementara itu, Ketua PII Aceh, Marwan mengatakan bahwa pengurus wilayah Aceh dalam tiga tahun kedepan akan menjalankan program untuk meningkatkan kompetensi anggota seiring dengan implementasi UU tentang keinsinyuran.

“Jika UU keinsinyuran cepat diterapkan, maka kita akan menyiapkan tenaga yang kompentensi dalam bidang masing-masing, mohon dukungan pusat dengan kehadiran pengurus PII Provinsi Aceh ini,” ucap Rektor USK ini.

Prof Marwan meminta kepada PII Pusat untuk membuka Majelis Uji Kompetensi (MUK) untuk Aceh karena ada beberapa bidang sudah banyak tenaga yang telah sertifikasi seperti bidang teknik sipil dan industri.

“Jika sudah MUK PII maka bagi anggota yang akan mengurus ujian kompetensi IPP, IPM atau IPU akan lebih mudah,” harapnya.

Dalam acara pelantikan tersesbut dihadiri oleh Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh, T. Robby Irza, Kepada Dinas Perkim Aceh, Ir. Muhammad Adam, perwakilan Kodam Iskandar Muda, Perwakilan Kapolda, Perwakilan Kejati Aceh, serta para undangan lainnya. []

Related posts