Doa untuk Orang Berangkat Haji Agar Selamat dan Mabrur

Ilustrasi malam nifsu sya'ban.

(KANALACEH.COM) – Keberangkatan jemaah calon haji asal Indonesia ke tanah suci telah dimulai sejak Rabu (24/5/2023). Doa untuk orang berangkat haji bisa dipanjatkan sebagai permohonan agar mereka mendapatkan kemudahan.

Menjelang keberangkatan, jemaah haji asal Indonesia lazim mengadakan syukuran atau walimatus safar haji. Acara doa bersama ini digelar sebagai rasa syukur telah diberikan kemampuan dan kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji.

Selain itu, yang bersangkutan memohon doa agar diberikan keselamatan serta kesehatan selama di tanah suci.

Melansir NU Online, kerabat, sahabat, dan keluarga jemaah haji dianjurkan untuk melepas calon jemaah dengan doa Rasulullah SAW berikut ini.

Doa untuk orang berangkat haji:

زَوَّدَكَاللهُالتَّقْوَىوَغَفَرَذَنْبَكَوَيَسَّرَلَكَالخَيْرَحَيْثُمَاكُنْتَ

Zawwadakallaahut-taqwaa, wa ghafara dzan-baka, wa yassara lakal-khaira haitsu maa kunta

Artinya: “Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan di mana pun kau berada.”

Doa untuk orang berangkat haji ini dibaca oleh Nabi Muhammad ketika salah seorang sahabat menyatakan diri untuk mengadakan perjalanan jauh. Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari sahabat Anas RA berikut ini:

وروينافيكتابالترمذي،عنأنسرضياللهقال:جاءرجلإلىالنبيصلىاللهعليهوسلم،فقال:يارسولالله،إنيأريدسفرافزودني،فقال: “زودكاللهالتقوى”،قال:زدني،قال: “وغفرذنبك”،قال:زدني،قال: “ويسرلكالخيرحيثماكنت”قالالترمذي:حديثحسن

Artinya: “Diriwayatkan kepada kami pada Kitab At-Tirmidzi, dari Sahabat Anas RA. Ia bercerita bahwa seseorang mendatangi Rasulullah SAW, ‘Wahai Rasul, aku hendak berpergian. Karenanya, berikanlah aku bekal,’ kata sahabat tersebut. ‘Zawwadakallâhut taqwâ,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa ghafara dzanbaka,’ kata Rasulullah SAW. ‘Tambahkan lagi ya Rasul,’ kata sahabat itu. ‘Wa yassara lakal khaira haitsumâ kunta,’ jawab Rasulullah SAW. Imam At-Tirmidzi mengatakan bahwa kualitas hadits ini hasan,”

Lafal yang baik ini dapat digunakan oleh masyarakat untuk mendoakan jemaah haji dalam acara walimatus safar.

Doa untuk orang berangkat haji ini juga dapat digunakan untuk mendoakan jemaah haji yang sudah berangkat ke tanah suci, Mekah agar bisa kembali dengan selamat dan mabrur. []

Related posts