Pemerintah Aceh Raih Anugerah Adinata Syariah Kategori Keuangan Syariah

Asisten II Sekda Aceh Mawardi saat menerima penghargaan katagori Keuangan Syariah dari Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahadin Uno di Tower BSI, Lantai 6, Jakarta Selatan, Jumat 26 Mei 2023. (dok. BPPA)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Pemerintah Aceh kembali memperoleh penghagaan di tingkat Nasional. Kali ini, Provinsi Aceh kembali membawa pulang penghargaan Anugrah Adinata Syariah.

Aceh mendapatkan peringkat pertama kategori keuangan Syariah dalam kegiatan yang di selenggarakan oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah tersebut di Tower BSI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat 26 Mei 2023.

Sementara untuk penghargaannya diserahkan langsung oleh Menteri Parawisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahadin Uno kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Mawardi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantara Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, Menteri Parawisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dalam pidatonya menyampaikan terimakasih kepada seluruh pemenang katagori tersebut.

Dia mengatakan, perkembangnya ekonomi dan keuangan syariah di negeri ini tidak lepas dari kontribusi berbagai unsur pemangku kepentingan yang ada di dalamnya.

“Oleh sebab itu implementasi program dan partisipasi berbagai elemen masyarakat hingga ke tingkat daerah harus terus menjadi prioritas, tidak hanya di tingkat pusat,” kata Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Penghargaan ini, kata dia, dapat dijadikan sebagai referensi kinerja pemacu semangat maupun pertukaran inspirasi dan praktik-praktik baik di berbagai daerah.

“Kegiatan ini agar diikuti dengan upaya konkrit untuk memperluas peningkatan informasi dan peningkatan literasi termasuk terkait potensi daerah dan kontribusi ekonomi syariah terhadap pembangunan nasional,” ucapnya.

Wapres RI juga berharap adanya Anugerah Adinata Syariah 2023 ini akan mengundang lebih banyak pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah ke depan.

“Mari kita ciptakan ketahanan ekonomi nasional yang semakin kokoh serta pembangunan ekonomi yang inklusif, berkeadilan dan berkelanjutan, utamanya dengan membangun sinergi dan akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dari pusat hingga ke daerah,”katanya.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh Mawardi menyampaikan terimakasih atas penghargaan tersebut.

“Terima kasih atas Anugerah Adinata Syariah 2023, dimana Aceh menjadi juara pertama dalam kategori keuangan syariah. Tentu ini menjadi pemicu bagi pemerintah Aceh untuk bekerja lebih baik lagi,” katanya.

Aceh saat ini lanjutnya, masih menjadi rol model bank syariah. Berlandaskan qanun lembaga keuangan syariah (LKS) nomor 11 tahun 2008 tentang lembaga keuangan syariah seluruh perbankan yang ada di Aceh saat ini adalah perbankan syariah. Dan akan terus berusaha lebih baik dimasa-masa mendatang.

Dengan penghargaan ini sebutnya, mewakili Pemerintah dan rakyat Aceh, kami mengucapkan terima kasih. “Mudah-mudahan tahun depan Aceh bisa lebih semangat menerapkan dan memajukan sistem syariah dan tahun depan bisa menjadi lebih baik,” ujarnya.

Untuk diketahui Anugerah Adinata Syari’ah 2023 tersebut terselenggara atas beberapa lembaga diantaranya yakni Masyarakat Ekonomi Syari’ah (MES), Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syari’ah (KNEKS) dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) serta sejumlah lembaga syariah lainnya. (ADV)

Related posts