Jelang PKA-VIII, Abdya Terus Lakukan Berbagai Persiapan

BLANGPIDIE (KANALACEH.COM) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan berbagai persiapan untuk mengikuti Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-VIII yang akan berlangsung pada tahun 2023.

Kegiatan kebudayaan empat tahunan ini mengangkat tema ‘Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia’.

“Sehubungan dengan tema itu, kita dari Abdya ingin mengangkat ‘ Jalur Rempah Kuala Batee’ Abdya di momen PKA ke-8 ini,” kata Kadisdikbud Abdya, melalui Pamong Budaya Ahli Muda Disdikbud Abdya, Usmadi, SPd

Karena sebutnya, Jalur Rempah Kuala Batee ini merupakan jalur perdagangan populer di Abdya yang membawa rempah sebagai komoditi utamanya ke seluruh penjuru dunia,” Selasa (20/6/2023).

Usmadi mengungkapkan, bangunan Benteng Kuala Batee dan Pelabuhan Kuala Batu yang sempat diserang Amerika Serikat akibat politik dagang pada tahun 1832 Masehi, dibangun ketika kerajaan tersebut dipimpin atau di bawah pemerintahan Raja Cut Ampon Tuan pada tahun 1785 Masehi.

“Dalam masa ini pula, Kuala Batee meraih kejayaannya hingga berhasil mencetak mata uang sendiri sebagai alat tukar yang sah,” urai dia.
“Sejarah ‘ Jalur Rempah Kuala Batee’ itu akan kita angkat kembali sesuai tema PKA ke-8 ini,” papar Usmadi yang pada saat itu turut didampingi Plt Kabid Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Disdikbud Abdya, Azhar, SIP.

Sementara itu, terkait persiapan Pemkab Abdya dalam menghadapi PKA ke VIII ini, Plt Kabid Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Disdikbud Abdya, Azhar, SIP menjelaskan, secara keseluruhan progresnya sudah mencapai 60 persen.

“Persiapannya, tingkat SK panitia sudah selesai, kemudian untuk peserta sudah kita lakukan persiapan. Bahkan ada yang sedang latihan, dan kita sudah melakukan penjajakan tempat penginapan di Banda Aceh,” jelas Azhar.
Dijelaskannya, kegiatan PKA ke VIII ini melibatkan beberapa dinas.
Di antaranya Dinas Pendidikan, kemudian Disperindagkop, Perkim, MAA, dan Bagian Umum Setdakab Abdya.

“Jadi masing-masing dinas akan menangani bidang masing-masing,” jelasnya.

Menyangkut bidang yang akan ditampilkan di PKA ke VIII nanti, Azhar menjelaskan, yakni bidang seni akan menampilkan seni kreasi, seni tradisi, tari kreasi, dan seni teater garapan.

“Kemudian, Bidang Permainan Rakyat, di antaranya lomba gaseng, engklek, enggrang, geulayang tunang, cato rimueng, dan dayung perahu,” jelasnya.
Terakhir, lanjut Azhar, yakni Bidang Prosesi Adat dan Tradisi, seperti lomba peu ayon aneuk dan lomba boh gaca.

“Selain penampilan seni dan budaya, ada juga beberapa perlombaan yang kita ikuti pada PKA ke VIII ini. Mengenai pameran, ditangani Disperindagkop,”.(*)

Related posts