Belum Difungsikan, Gedung Perpustakaan dan Arsip Senilai 10 Rp Milyar Mulai Rusak

BLANGPIDIE(KANALACEH.COM) – Proyek pembangunan gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai rusak. Rabu (23-08-2023)

Bangunan gedung tiga lantai yang terletak di Padang Meurante kecamatan Susoh itu yang dibangun dengan anggaran senilai Rp 10 Milyar itu belum difungsikan

“Setau saya bangunan ini dikerjakan pada pertengahan tahun 2022 lalu, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), hingga saat ini belum dihuni, atau belum difungsikan dan tidak terawat,” kata Maulia Rahman.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Keguguran dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Abdya itu berharap, agar bangunan yang telah menelan anggaran hingga milyaran rupiah itu segera di fungsikan.

” Bangunan itu bagus, sayang jika tidak segera ditempati apalagi menelan anggaan yang cukup besar”. Katanya

Bahkan, kata Maulia, ada dua kaca jendela yang pecah dan dinding bangun sudah mulai retak. Tidak hanya itu, di setiap lantai bangun yang megah itu terlihat sampah berserakan.

Kemudian, sambungnya, terdapat juga pintu WC dan pintu ruangan lain yang sudah rusak parah. Kuat dugaan, bangun itu kurang pengawasan oleh pihak terkait.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) itu juga meminta penegak hukum dan pemerintah daerah setempat untuk turun tangan mengamankan bangunan yang telah menghabiskan anggaran hingga 10 Milyar lebih itu.

“Kalau tidak dijaga, kita takutkan bangun ini akan hancur dan terbengkalai nantinya,” tutupnya

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan Abdya, saat dikonfirmasi sedang berada di luar daerah.

“Saya lagi di Madinah,” katanya singkat, membalas pesan WhatsApp yang dilayangkan. (*)

Related posts